Sandiaga Uno Resmikan Pameran Seni Jayant Khobragade, Perkuat Hubungan Indonesia-India

Sandiaga Uno Resmikan Pameran Seni Jayant Khobragade, Perkuat Hubungan Indonesia-India

Gaya Hidup | sindonews | Selasa, 10 September 2024 - 23:05
share

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan pameran seni A Nature's Symphony: Whispering Leaves, Joyful Dances, Gods of Grace yang digelar IndoFringe International Festival of Performing Arts dan InovArt. Pameran ini menampilkan karya seni Duta Besar India untuk ASEAN Jayant N. Khobragade.

Pameran ini akan diselenggarakan di Mangkuluhur ARTOTEL Suites, Jakarta pada 11-15 September 2024. Gelaran ini juga didukung oleh Wonderful Indonesia serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pameran ini menampilkan lebih dari 35 lukisan yang telah dikurasi dengan cermat. Inisiatif kolaboratif ini bertujuan untuk tidak hanya mempromosikan pertumbuhan seni dan budaya, tetapi juga memperkuat hubungan lintas batas, khususnya antara Indonesia dan India.

Selain Sandiaga, pameran ini juga turut dihadiri duta besar, diplomat, pejabat pemerintah, dan pemimpin bisnis. Sandiaga menyampaikan pentingnya pameran ini dalam hubungan diplomatis antara India dan Indonesia, serta memperkenalkan seni dan budaya dua negara.

Baca Juga: Sandiaga Uno Ungkap Potensi Desa Wisata sebagai Daya Tarik Utama Pariwisata Indonesia

"Pameran ini tidak hanya memperkenalkan seni inovatif dari seorang diplomat India yang terampil kepada publik Indonesia, tetapi juga menyambut program InovArt dari IndoFringe yang berusaha membangun ekosistem berkelanjutan dan kolaboratif untuk bakat-bakat baru di bidang seni rupa di seluruh Indonesia," kata Sandiaga di ARTOTEL Suites, Jakarta, Rabu (10/9/2024).

IndoFringe, yang diluncurkan pada 2023 adalah inisiatif pembangunan bangsa yang mengadakan festival seni lokal di 50 kota di Indonesia selama lima tahun terakhir.

Sandiaga menekankan bahwa inisiatif ini akan memberdayakan komunitas lokal dengan membangun pusat-pusat ekonomi kreatif, yang akan menciptakan lapangan kerja dan distribusi kekayaan yang merata.

"Saya sangat percaya bahwa masyarakat harus diberikan keterampilan dan kesempatan untuk membangun pusat ekonomi kreatif di sekitar tempat tinggal mereka. Program-program semacam ini akan sangat bermanfaat dalam memberdayakan generasi muda Indonesia untuk memilih ekonomi kreatif sebagai profesi dan karier, dan bukan hanya sekadar hobi," jelasnya.

Baca Juga: Kunjungan ke Desa Wisata Naik setelah Pandemi, Sandiaga Uno: Meningkat 20 Persen

Bukan hanya menampilkan karya terbaik, pameran ini juga menjadi ajang donasi dengan menggelar lelang amal. Lelang ini akan berlangsung hingga 1 Oktober 2024, yang akan mendukung beasiswa U-GO INOTEK yang membantu pendidikan tinggi bagi wanita muda Indonesia yang berusaha memberikan dampak berarti di komunitas mereka.

"Saya merasa sangat terharu melihat warisan bersama antara India dan Indonesia serta ruang ASEAN yang lebih luas yang menghubungkan berbagai geografi dan era. Koneksi ini, di zaman kita, menginspirasi tidak hanya banyak karya tetapi juga tema baru tentang Kebaikan Sang Pencipta. Harapannya, pameran ini akan memajukan dialog budaya dan meningkatkan antusiasme di dunia seni," ucap Jayant.

Tahun ini, program sekolah InovArt akan menyatukan ribuan seniman pelajar dari 500 sekolah di 20 kota untuk memecahkan rekor dunia dalam seni kolaboratif.

Topik Menarik