Banjir Melanda Sidenreng Rappang Sulsel, 718 KK Terdampak

Banjir Melanda Sidenreng Rappang Sulsel, 718 KK Terdampak

Infografis | sindonews | Kamis, 4 Juli 2024 - 20:56
share

Bencana banjir menerjang Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan. Banjir dipicu hujan intensitas tinggi pada Kamis (4/7/2024) sejak pukul 02.05 WITA.

Banjir merendam 6 kecamatan di Kabupaten Sidenreng Rappang, yaitu Kecamatan Maritengae, Kecamatan Tellu Limpoe, Kecamatan Baranti, Kecamatan Panca Rijang, Kecamatan Dua Pitue, dan Kecamatan Watang Sidenreng.

Berdasarkan laporan yang diterima BNPB, tercatat sebanyak 718 KK terdampak dan sebagian di antaranya terjebak banjir.

Baca juga; SDG Sulsel Salurkan Bantuan ke Pengungsi Banjir Makassar

“BPBD Kabupaten Sidenreng Rappang segera melakukan evakuasi guna menyelamatkan para warga yang terjebak banjir," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya.

Kerugian material tercatat sebanyak 718 unit rumah warga, 9 fasilitas pendidikan, 3 fasilitas pemerintah, dan 24 hektare (ha) sawah terendam. Adapun kerugian lainnya meliputi 500 meter jalan dan 17 meter tanggul terdampak.

Dilaporkan saat ini sebagian banjir yang merendam 6 kecamatan di Kabupaten Sidenreng Rappang sudah berangsur surut di beberapa Kecamatan.

BPBD Kabupaten Sidenreng Rappang segera melakukan koordinasi dengan seluruh unsur terkait guna melakukan asesmen dan penanganan baik warga terdampak maupun kerugian material yang terjadi akibat bencana banjir tersebut.

Baca juga; Banjir Luwu Utara Lumpuhkan Aktivitas Warga

BNPB mengimbau kepada Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sidenreng Rappang untuk tetap waspada kungkinan banjir susulan dan memantau informasi cuaca dari institusi berwenang.

Topik Menarik