Jamal Bikin Penasaran! Pebulu Tangkis Filipina Ini Sering Disangka Pemain Indonesia

Jamal Bikin Penasaran! Pebulu Tangkis Filipina Ini Sering Disangka Pemain Indonesia

Olahraga | sindonews | Kamis, 4 Juli 2024 - 18:56
share

Pebulu tangkis Filipina Jamal Rahmat Pandi sering disangka pemain Indonesia. Selain nama dan penampilannya yang mirip orang Indonesia, Jamal menarik perhatian di ajang Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2024 karena performanya. Jamal turun di partai tunggal putra dan ganda campuran dan mampu merepotkan tim Merah Putih.

Pemain kelahiran 10 Agustus 2007 itu justru merasa bangga karena dikenal publik Tanah Air sebagai pemain Indonesia.

"Saya merasa sedikit senang dikenal sebagai orang Indonesia karena bulu tangkis di Indonesia berkembang baik. Saya sedikit bangga. Mereka pikir saya orang Indonesia padahal sebenarnya saya Muslim dari Filipina, Mindanao," kata Jamal di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Kamis (4/7/2024).

Jamal mengaku lebih nyaman berada di Indonesia karena lebih banyak pilihan makanan halal ketimbang di Filipina.

"Di sini lebih mudah menjadi Muslim daripada di Filipina karena bisa menemukan banyak makanan yang halal. Di Filipina, kita tidak bisa memercayai mereka soal makanan," ucap pemain berusia 16 tahun itu.

Baca Juga:Tunggal Putra China Meninggal usai Kejang di Lapangan pada BAJC 2024

Uniknya, Jamal ternyata bisa berbahasa Indonesia dengan cukup fasih. Ia kerap menggunakan Bahasa Indonesia ketika bertemu orang Indonesia, termasuk staf atau petugas di turnamen BAJC 2024.

Jamal mengaku belajar Bahasa Indonesia karena sering datang ke Tanah Air. Beberapa tahun terakhir pemain bertangan kidal itu sering berlatih ke Indonesia di klub PB Djarum dan PB Jaya Raya.

"Saya bisa sedikit Bahasa Indonesia karena saya selalu berlatih di PB Djarum dan Jaya Raya. Saya mendengarkan teman-teman saya di Djarum. Saya mendengarkan mereka dan mempelajarinya soalnya beberapa kata bahasa Indonesia dan Filipina sama saja," ucap Jamal.

Baca Juga: Walau Berduka, China Tekuk Korsel dan Sabet Gelar Beregu Campuran BAJC 2024

Sayangnya, langkah Jamal di nomor individu BAJC 2024 harus terhenti lebih awal. Pada sektor tunggal putra ia tersingkir di babak 32 besar, sedangkan di sektor ganda campuran kandas di babak 64 besar. Namun, di usia yang masih muda, ia berharap meraih hasil maksimal lagi di edisi turnamen junior berikutnya.

Jamal ternyata memiliki dua idola di bulu tangkis, yakni Lin Dan dan Anthony Sinisuka Ginting."Saya mengidolakan Lin Dan. Dia adalah idola saya karena mentalnya dia berbeda, terutama ketika dia ingin menang. Kalau dari Indonesia saya idolakan Ginting. Dia sangat cepat dan kekuatan dia sangat bagus," tuturnya.

Topik Menarik