4 Fakta Menarik Ernando Ari, Jadi Pahlawan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

4 Fakta Menarik Ernando Ari, Jadi Pahlawan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Olahraga | inews | Jum'at, 7 Juni 2024 - 16:30
share

JAKARTA, iNews.id - Fakta menarik Ernando Ari akan diulas berikut ini. Kiper Timnas Indonesia itu menjadi perbincangan usai melakukan blunder fatal di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F zona Asia melawan Irak, Kamis (7/6).

Di menit ke-88, Ernando mendapatkan umpan dari Asnawi Mangkualam. Alih-alih memperdaya dua pemain Irak, Mohammad Ali Khadim dan Ali Jassim, kiper bernomor punggung 21 itu justru tidak mampu mengontrol bola dengan baik dan Ali Jassim merebut bola yang akhirnya berbuah gol.

Gol dari Ali Jassim itu membuat Irak berhasil membawa pulang tiga poin dengan kemenangan atas Indonesia 0-2. Tambahan tiga poin itu membuat skuad Singa Mesopotamia semakin kokoh di puncak klasemen Grup F dengan raihan 15 poin.

Sementara itu, Timnas Indonesia masih berada di peringkat kedua dengan 7 poin. Nantinya, Nathan Tjoe-A-On cs akan melakoni laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina, pada Selasa (11/6).

Berita itu membuat publik penasaran dengan fakta menarik Ernando Ari. Berikut iNews.id akan berikan informasinya dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/6/2024).

Fakta Menarik Ernando Ari

1. Pernah Ditolak Gabung PSIS Semarang

Ernando Ari yang lahir di Semarang, Jawa Tengah itu bermimpi untuk membela klub sepak bola kelahirannya, PSIS Semarang. Namun, mimpinya itu harus pupus usai klub berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu menolak sang pemain karena kuota pemain telah terpenuhi.

Alhasil, Persebaya Surabaya yang membutuhkan kiper muda langsung menggaet Ernando. Sejak dipromosikan ke tim senior Bajul Ijo pada 2020, kiper kelahiran 27 Februari 2002 itu telah bermain di 56 laga semua kompetisi.

2. Juara Liga 1 U-20 Bersama Persebaya Surabaya

Sebelum main di tim senior, ternyata Ernando sempat menuai prestasi bersama Persebaya Surabaya U-20. Kiper kelahiran Semarang ini bawa timnya meraih juara di Liga 1 U-20 pada musim 2020.

Di tim itu, Ernando bersama beberapa rekan lainnya di Timnas Indonesia U-19. Macam Brylian Aldama dan Supriyadi. Menariknya, di laga final Persebaya Surabaya U-20 mampu kalahkan PSIS Semarang.

3. Juara Piala AFF U-16 2018

Ernando Ari Sutaryadi menjadi bagian skuad Timnas Indonesia U-16 yang memenangkan Piala AFF U-16 2018. Gelar juara itu didapat usai Garuda Asia menang adu penalti kontra Thailand. Tim pemenang laga tersebut harus ditentukan lewat babak adu tos-tosan usai kedua tim bermain seri 1-1 di waktu normal.

4. Kiper Andalan di Piala Asia U-23 2024

Pelatih Shin Tae-yong mengandalkan Ernando sebagai kiper utama di ajang Piala Asia U-23 2024. Kiper Persebaya Surabaya itu mampu bawa skuad Garuda Muda lolos hingga babak semifinal.

Di laga perempat final kontra Korea Selatan, Ernando mampu menepis tendangan dari dua pemain Taeguk Warriors, Lee Kang-hee dan Kang Sang-yun. Alhasil, Indonesia mampu menang atas skuad Hwang Sun-hong dengan skor penalti, 12-13.

Itulah ulasan mengenai fakta menarik Ernando Ari. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik