Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Pagi Ini, Warga Diminta Waspada Banjir Lahar Dingin

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Pagi Ini, Warga Diminta Waspada Banjir Lahar Dingin

Infografis | sindonews | Rabu, 3 Juli 2024 - 07:41
share

Gunung Lewotobi Laki-laki mengalami erupsi pada pagi ini, Rabu (3/7/2024), pukul 04.47 WITA. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa gunung ini meluncurkan abu vulkanik setinggi 300 meter di atas puncaknya.

Gunung Lewotobi Laki-laki terletak di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, dengan posisi geografis Latitude -8.5389°LU dan Longitude 122.7682°BT serta memiliki ketinggian 1584 mdpl.

“Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki terjadi pada Rabu, 03 Juli 2024, pukul 04.47 WITA dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 300 meter di atas puncak (sekitar 1884 meter di atas permukaan laut),” ujar Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Herman Yosef S Mboro dalam keterangannya.

Herman melaporkan bahwa kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang, mengarah ke barat. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 18.5 mm dan durasi 422 detik.

Baca Juga: Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, Waspada Semburan Abu Vulkanik!

Herman meminta masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki serta para pengunjung dan wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 km dari pusat erupsi, serta sektoral 3 km ke arah Utara-Timur Laut dan 5 km ke arah Timur Laut.

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan pemerintah daerah, dan tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya,” tambahnya.

Selain itu, Herman juga mengingatkan masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki untuk mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung, terutama jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

“Warga yang terdampak oleh hujan abu Gunung Lewotobi Laki-laki disarankan untuk memakai masker atau penutup hidung dan mulut guna menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan,” tutupnya.

Topik Menarik