Kisah Alberto Hengga, Pemain Timnas U-16 yang Tinggal di Rumah Kayu di Lahan Perhutani

Kisah Alberto Hengga, Pemain Timnas U-16 yang Tinggal di Rumah Kayu di Lahan Perhutani

Infografis | sindonews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 18:28
share

Penampilan Fadly Alberto Hengga (16) bersama Timnas Indonesia U-16cukup menjanjikan di ajang AFF U-16 atau Turnamen ASEAN U-16 Boy Championship 2024.

Siapa sangka di balik itu semua, pemain asal Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur ini, ternyata tinggal di rumah yang jauh dari kata sederhana.

Anak pertama dari dua bersaudara ini tinggal di rumah papan kayu berukuran 4x8 meter yang berdiri di lahan milik Perhutani. Tepatnya, berada di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro.

Baca juga; Daftar 32 Pemain Timnas Indonesia U-16 Proyeksi Piala AFF U-16 2024

Saat masuk ke dalam rumah kayu, ruang tamu, kamar tidur hingga dapur menyatu tanpa sekat apa pun. Di rumah bedeng itu, Fadly Alberto Hengga tinggal bersama Ibunda dan adiknya bernama Iriana Beatrik Hengga (13).

“Ini tanah milik Perhutani, bukan tanah hak milik. Jadi sewaktu-waktu kalau dibutuhkan (oleh Perhutani) ya harus dibongkar rumahnya,” ujar Fatakun sambil menunjukkan kondisi rumah Fadly Alberto Hengga, Jumat (5/7/2024).

Bahkan, lanjut Fatakun, keluarga dari bocah yang masih mengenyam pendidikan di SMKN Dander itu, tak pernah mendapatkan bantuan rumah dari Pemkab Bojonegoro.

Meskipun pernah diusulkan, namun sampai saat ini, belum mendapatkan bantuan dari Program Bedah Rumah atau RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) dari Pemkab Bojonegoro ini.

Baca juga; Jadwal Timnas Indonesia U-16 vs Singapura di Piala AFF U-16 2024

Fatakun melanjutkan, kemungkinan belum mendapatkannya bantuan tersebut, lantaran status kependudukan keluarga Alberto baru diurus pada tahun 2021 lalu. Selain itu, kemungkinan juga terkendala terkait status tanah yang ditempati bukan tanah hak milik.

“Kemungkinan juga karena status tanahnya yang bukan hak milik (tanah Perhutani), saya sendiri juga kurang tahu apa alasannya,” terangnya. Ironisnya, kondisi ekonomi keluarga Alberto juga terbilang kurang mampu.

Terlebih ibunya yang berstatus single parent dan mengurus dua anaknya itu, hanya bekerja serabutan, seperti mencuci pakaian dan merawat anak para tetangganya. “Untuk pekerjaannya ya seadanya. Membantu para tetangga yang membutuhkan,” beber Fatakun.

Dengan adanya prestasi yang ditorehkan Fadly Alberto Hengga, Fatakun berharap kepada semua pihak, khususnya Pemkab Bojonegoro, untuk memberikan apresiasi kepada keluarga Fadly Alberto Hengga.

Baca juga; Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia U-16 Kalahkan Filipina 3-0

Bagaimana pun juga Fadly Alberto Hengga ikut mengharumkan nama Bojonegoro di kancah olahraga Nasional. “Ya harapannya ada kepedulian dari Pemerintah Daerah,” harapnya.

Sementara itu, Ibu kandung Fadly Alberto, Piana, mengaku bangga dengan prestasi yang diraih anaknya yang kini tengah bergabung di Timnas Indonesia U-16 mengikuti Turnamen ASEAN U-16 Boy Championship 2024. “Pokoknya senang Fadly bergabung dengan Timnas Indonesia,” ujar Piana.

Sebagai orang tua yang merawat Alberto seorang diri, Piana berharap kepada Fadly Alberto Hengga agar menjadi anak yang mampu menjaga perilakunya dan selalu menjadi pribadi yang rendah hati dan tidak sombong.

"Harapan saya agar jadi anak yang sukses dan terkabul apa yang dicita-citakan," pesannya.

Biodata Alberto:

Nama: Fadly Alberto HenggaTempat Tanggal Lahir: Kota Mimika, Papua Tengah, 22 Juni 2008Tempat Tinggal: Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten BojonegoroAgama: IslamAyah: John Clif HenggaIbu: PianaSaudara: Iriana Beatrik HenggaPendidikan: SMKN 1 DanderKlub Sepak Bola: SSB Sukorejo Putra, Bhayangkara Presisi Indonesia FC, Timnas Indonesia U-16

Topik Menarik