Ketika Jurnalis MCH Mewakafkan Diri Melayani Tamu Allah di Tanah Suci

Ketika Jurnalis MCH Mewakafkan Diri Melayani Tamu Allah di Tanah Suci

Terkini | sindonews | Selasa, 2 Juli 2024 - 20:28
share

Ketika jurnalis mewakafkan diri melayani tamu Allah di Tanah Suci menghadirkan pengalaman spiritual yang sungguh mengharukan. Jurnalis yang tergabung dalam Media Center Haji (MCH) benar-benar total dalam melayani duyufurrahman atau tamu Allah di musim haji tahun 2024.

Tahun ini, sekitar 69 jurnalis turut menjadi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024 sebagai MCH.Dalam menjalankan tugasnya, para jurnalis ini mengutamakan pelayanan terhadap jemaah haji. Untuk proses produksi berita, mereka lakukan di waktu-waktu senggang di luar tugas pelayanan kepada jemaah. Para jurnalis MCH tetap profesional dengan tugas peliputan haji.

Baca Juga: PPIH Fasilitasi Jemaah Sakit KKHI Ziarah ke Masjid Nabawi dan Raudhah

Para anggota MCH ini tergabung dalam anggota PPIH Arab Saudi. Mereka dibagi dalam tiga Daerah Kerja (Daker), yaitu Daker Makkah, Daker Madinah, dan Daker Bandara. Para wartawan ini berada di Tanah Suci sekitar 46 hingga 60 hari, yaitu sebelum kedatangan jemaah kelompok terbang (kloter) pertama sampai kepulangan jemaah gelombang pertama.

Selama di Tanah Suci, anggotaMCH ini melebur bergabung dengan berbagai Tusi (Tugas dan Fungsi) dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji. Mulai dari Tusi Layanan Lansia dan Disabilitas, Tusi Transportasi, Pelayanan Kedatangan dan Pemulangan, Akomodasi, PKP3JH, Bimbingan Ibadah, Transportasi, Konsumsi, hingga Perlindungan Jemaah.

Di Daker Bandara misalnya, 21 jurnalis MCH begitu semangat dan all-out dalam memberikan pelayanan langsung kepada jemaah haji. Sejak kedatangan kloter pertama jemaah Indonesia tiba di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMMA) pada 12 Mei 2024, jurnalis MCH menjadi garda terdepan melayani duyufurrahman.

Ketika jemaah keluar dari gate fast track, jurnalis berlomba melayani jemaah. Ada yang membawakan koper, menuntun, memayungi, mendorong kursi roda hingga membopong jemaah lanjut usia masuk ke bus jemputan. Aksi jurnalis MCH tidak mengenal waktu. Sepanjang ada jadwal kedatangan jemaah, MCH selalu siap melayani.''Alhamdulillah bisa ikut melayani jemaah tamu Allah,''kata Ujang Sunda, jurnalis MCH Daker Bandara.

Mauliddin Lubis pun menimpali Ujang Sunda dengan menyebut pengalaman melayani tamu Allah tidak akan dilupakan sepanjang hidupnya. ''Sejak dari Tanah Air, saya wakafkan diri untuk melayani jemaah,''ujar Mauluddin Lubis.

Baca Juga: 1.300 Jemaah Haji Wafat Terkena Heat Stroke saat Puncak Haji, Begini Gejalanya

Kepala Daker Bandara Abdillah pun mengapresiasi kinerja MCH yang all out dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji. "Sudah sangat luar biasa sekali MCH ini," ucapnya, di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah, Senin (20/5/2024).

Abdillah menyatakan, tugas murni MCH adalah mengabarkan berita-berita terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji. Namun, para anggota MCH ternyata memiliki semangat yang sangat besar dalam melayani jemaah haji. "Saya melihat MCH tidak sungkan-sungkan untuk memapah jamaah, mendorong kursi roda, memayungi jemaah, bahkan membantu menaikkan jemaah ke dalam bus," imbuhnya.

MCH, lanjut Abdillah, juga turut dalam pengaturan bus jemaah dengan menjadi checker bus dan menempel stiker-stiker petunjuk. "Saya melihat MCH ikut nempelin stiker dan ini saya rasa bagian dari kepedulian terhadap pelayanan pada jemaah," imbuhnya.

Abdillah lalu berpesan agar para anggota MCH dapat menjaga kesehatan. "Saya sangat bangga sekali atas dedikasinya. MCH tidak hanya menulis berita tetapi ikut shift bersama kami, baik pagi, siang, bahkan tengah malam. Saya rasa ini merupakan suatu hal yang luar biasa. MCH tahun ini memang berbeda," tandasnya.

Topik Menarik