Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki 6 Kali Erupsi, Ketinggian Abu 400-800 Meter dari Mulut Kawah

Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki 6 Kali Erupsi, Ketinggian Abu 400-800 Meter dari Mulut Kawah

Infografis | sindonews | Selasa, 2 Juli 2024 - 17:55
share

Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi sebanyak 6 kali , Selasa (2/7/2024). Erupsiditandai lontaran abu vulkanik dengan ketinggian 400 hingga 800 meter dari mulut kawah.

Erupsi Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki menyebabkan hujan abu. Saat ini status Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki berada pada level III atau Siaga. Warga pun diimbau menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

PVMBG merekomendasikan warga tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer (Km) dari puncak gunung. Untuk sektoral Timur Laut, dalam radius 6 kilometer (Km). Mengingat adanya aliran lava pijar dari perut gunung.

Baca juga; Gunung Lewotobi Erupsi Muntahkan Awan Panas, Warga Flores Waspada!

Kepala Pos Peyanmat Gunung Lewotobi Laki-Laki, Herman Yoseph menyatakan, aktivitas vulkanik Gunung Ile Lewotobi terus meningkat disertai dengan abu vulkanik. Erupsi juga melontarkan pijar yang masih jatuh di kawah gunung sehingga warga diminta selalu waspada.

Saat ini erupsi masih terus terjadi warga di sekitar gunung belum mau mengungsi dan memilih bertahan di rumah. Status Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki pada level Siaga dan warga diminta tetap waspada.

Topik Menarik