Bikin Heboh, Seekor Rusa Muncul di Permukiman Warga di Cianjur

Bikin Heboh, Seekor Rusa Muncul di Permukiman Warga di Cianjur

Infografis | sindonews | Selasa, 2 Juli 2024 - 17:31
share

Warga Kampung Mandesari, Desa Pasirhalang, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, dibikin heboh dengan kemunculan seekor rusa yang berkeliaran masuk ke permukiman, Selasa (2/6/2024).

Rusa yang beratnya kurang lebih 20 kilogram itu, akhirnya berhasil diamankan warga, setelah berkeliaran berjam-jam di permukiman warga.

Menurut Kapolsek Mande AKP Dadeng mengatakan, pihaknya belum mengetahui awal kemunculan Kijang atau muncak yang merupakan jenis rusa tertua itu. "Setelah berkeliaran, rusa tersebut ditangkap dan diamankan oleh warga setempat," tuturnya.

Baca juga; Aneh! Ada Rusa Liar Tiba-tiba Tertabrak Motor hingga Tewas di Perkampungan

Setelah berhasil ditangkap, rusa itu langsung dievakuasi ke tempat penangkaran rusa di kompleks pendidikan Vedca, Desa Bobojong, Kecamatan Karangtengah.

“Setelah kita menerima laporan warga, kita langsung cek lokasi. Kondisinya (Kijang) sudah tertangkap dan terikat tali tambang. Usianya diperkirakan masih remaja," jelasnya.

Pihaknya belum bisa memastikan rusa atau kijang tersebut dari mana asalnya, apakah hewan peliharaan atau dari hutan di wilayah tersebut.

“Kalau dari penangkaran rusa yang berada di Desa Bobojong lepas nggak mungkin juga, soalnya kan jaraknya jauh," ucapnya.

Baca juga; Tentara Tewas Diseruduk Rusa di Istana Presiden

Sementara itu, seorang warga Dani (45) mengaku warga sempat kesulitan untuk menangkap Kijang yang masuk ke lingkungannya. Namun akhirnya hewan tersebut tertangkap setelah dijebak menggunakan tali.

“Setelah dikejar-kejar oleh warga akhirnya bisa ditangkap menggunakan tali tambang, dan memang susah karena rusa itu lincah," terangnya.

Pihaknya mengaku, masuknya hewan rusa ke permukiman di kampungnya warga itu merupakan kali pertama. "Sebelumnya tidak ada, ini kali pertama. Kijang ini sempat berontak saat ditangkap warga dan akhirnya berhasil dijerat dengan jebakan tali tambang," tutupnya.

Topik Menarik