Saingi AS, Rusia Ingin Bikin Kapal Induk Super yang Dipersenjatai Jet Siluman Su-57

Saingi AS, Rusia Ingin Bikin Kapal Induk Super yang Dipersenjatai Jet Siluman Su-57

Global | sindonews | Minggu, 30 Juni 2024 - 19:52
share

Rusia berencana membangun kapal induk super yang dipersenjatai jet tempur siluman Su-57. Rencana ini sebagai langkah untuk menyaingi kekuatan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).

Angkatan Laut Rusia berada di belakang AS dan China, dua kekuatan Angkatan Laut terbesar di dunia saat ini.

Mantan Wakil Kepala Staf Utama Angkatan Laut Rusia, pensiunan Wakil Laksamana Vladimir Pepelyaev, mengatakan Angkatan Laut Rusia harus mampu membangun kapal induk yang menjanjikan dengan bobot 70.000 hingga 90.000 ton dan menempatkan varian Angkatan Laut jet tempur Su-57 di atasnya.

Setelah pensiun dari jabatan sebelumnya, dia ditugaskan mengembangkan kapal induk di Institut Penelitian Krylov.

Dengan nada optimistis, dia mengatakan kepada kantor berita RIA: “Kapal induk kami yang menjanjikan harus memiliki bobot 70 hingga 90.000 ton, namun yang paling penting bukanlah bobotnya, bukan drone udara, melainkan pesawat terbang. Saat ini, kami memiliki Su-33 dan MiG-29K/Cube. Di masa depan, kapal induk kami harus dipersenjatai dengan Su-57.”

Baca Juga: AS Bersiap Karamkan USS Tarawa, Dianggap Latihan Tenggelamkan Kapal Induk China

Komentar tersebut muncul di tengah Armada Laut Hitam (BSF) Rusia yang menerima pukulan telak akibat serangan terus-menerus dari Ukraina. Lebih dari dua tahun setelah perang, BSF telah kehilangan beberapa kapal paling canggih dan tertua akibat serangan Kendaraan Udara Tak Berawak (UAV) dan Kapal Permukaan Tak Berawak (USV) Ukraina.

Kebutuhan akan kapal induk melebihi jumlah kapal lain yang dimiliki Angkatan Laut Rusia. Sebagai salah satu kekuatan militer terbesar dan terkuat di dunia, Rusia hanya memiliki satu kapal induk yang kurang bisa diandalkan, Admiral Kuznetsov. Sebaliknya, Amerika Serikat memiliki 11 unit dan China memiliki tiga unit.

Pepelyaev sangat vokal tentang perlunya kapal induk untuk memerangi ancaman di laut. Dia sebelumnya menegaskan perlunya Rusia mempertahankan kehadiran Angkatan Laut yang kuat di wilayah-wilayah utama dan memproyeksikan kekuatan secara global.

Dia juga berpendapat bahwa kapal induk sangat penting untuk proyeksi kekuatan dan memastikan keamanan nasional dalam lanskap geopolitik yang semakin kompleks.

Ketika ditanya tentang jumlah kapal induk yang dibutuhkan Angkatan Laut Rusia, mantan wakil laksamana tersebut menyatakan bahwa setidaknya dibutuhkan empat kapal induk: dua untuk Armada Pasifik dan dua untuk Armada Utara.

Pada bulan Januari tahun ini, Panglima Angkatan Laut Rusia Laksamana Nikolay Yevmenov mengatakan bahwa masalah kelayakan pembuatan kapal induk prospektif telah diatasi. Keterlibatannya akan meningkatkan efektivitas berbagai tugas operasional.

Namun, mimpi tersebut nampaknya tidak masuk akal karena industri pertahanan Rusia masih terpuruk dalam ekonomi perang dan terpuruk akibat sanksi internasional.

Sebuah proyek kapal induk yang ambisius terungkap pada tahun 2017, namun belum ada kemajuan yang berarti, dan jika ada laporan yang bisa dijadikan acuan, maka proyek tersebut masih dalam proses.

Impian Kapal Induk Super Rusia Melambat?

Rusia memiliki satu kapal induk, Admiral Kuznetsov, yang mulai beroperasi sejak tahun 1991. Sepanjang sejarah operasionalnya, kapal induk tersebut telah menghadapi banyak masalah.

Bahkan jika kapal Kuznetsov selamat dari uji coba laut yang dijadwalkan, melengkapi kapal dengan sayap udara yang beroperasi penuh kemungkinan akan tetap menjadi tugas besar bagi Rusia. Kapal induk ini hanya melakukan satu pengerahan tempur dalam jangka waktu hampir 30 tahun.

Kembalinya satu-satunya kapal induk Rusia akan menjadi sebuah tonggak sejarah. Juli lalu, laporan mengindikasikan bahwa kapal Kuznetsov dapat memulai uji coba laut pada musim semi tahun 2024 dan mulai beroperasi pada akhir tahun. Namun, jadwal tersebut tampaknya telah diundur lebih jauh.

Beberapa analis militer menjelaskan bahwa Rusia membanggakan Angkatan Laut-nya yang kuat sejak era Perang Dingin. Negara ini mengeluarkan uang untuk membeli kapal selam, kapal perusak, fregat, dan kapal penjelajah, yang semuanya berkontribusi menjadikan Rusia sebagai kekuatan Angkatan Laut yang tangguh.

Moskow memiliki armada kapal selam paling beragam di dunia. Sebagai komponen penting dari penangkal strategisnya, mereka yakin beberapa kapal selam ini mampu meluncurkan rudal balistik dengan hulu ledak nuklir.

Namun, Rusia terus berjuang dengan apa yang dikenal sebagai instrumen proyeksi kekuatan global: kapal induk.

Kritik terhadap militer Rusia telah mengamati bahwa meskipun mereka memiliki armada kapal “Angkatan Laut global” yang cukup besar dengan kemampuan ofensif yang kuat, mereka tidak memiliki kapal induk dan, akibatnya, kemampuan untuk memproyeksikan kekuatan.

Beberapa analis memperkirakan bahwa kapal Kuznetsov dirancang terutama untuk pertahanan pantai dan tidak memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir. Jadi, butuh banyak bantuan untuk berpindah antar-teater.

Pada tahun 2017, Moskow mengumumkan rencana untuk membangun “kapal induk terbesar di dunia” dalam upaya untuk bersaing dengan kapal induk kelas Nimitz milik AS. Konsep kapal induk Rusia yang dijuluki “Shtorm”, ukurannya kira-kira akan sama dengan kapal induk yang dioperasikan AS, dengan bobot bobot 100.000 ton dan jumlah pesawat yang sama.

Berbeda dengan rencana Rusia, Amerika telah mengembangkan dan menugaskan kapal induk terbesar di dunia: USS Gerald R. Ford. Ini adalah kapal perang terbesar di dunia dan memiliki dimensi yang luar biasa, berukuran panjang 1.092 kaki (333 meter), dengan lebar dek penerbangan 256 kaki (78 meter) dan tinggi 250 kaki (76 meter). Kebetulan, kapal tersebut memiliki bobot 100.000 ton yang dicita-citakan Rusia.

Bahkan China, yang tergolong baru dalam pembangunan kapal induk, telah membangun kapal induk supernya sendiri. “Fujian”-nya sebanding dengan Gerald R. Ford AS dan memiliki bobot sekitar 80.000-85.000 ton.

Kapal induk China ini bertenaga konvensional tetapi merupakan kapal induk super pertama di negara tersebut dan kapal induk pertama yang dikembangkan di dalam negeri yang dilengkapi dengan ketapel elektromagnetik dan perangkat penangkap.

Ketidakmampuan Angkatan Laut Rusia untuk mengerahkan kapal induk operasional dipandang sebagai kelemahan mendasar oleh para kritikus Barat. Perjuangan melawan kapal induk juga berarti bahwa Rusia tidak memiliki pesawat berkemampuan kapal induk yang canggih. Di sinilah usulan Pepelyaev untuk varian Angkatan Laut Su-57 muncul.

Rusia telah mengembangkan beberapa jet yang mampu dibawa kapal induk, namun efektivitasnya terbukti terbatas. Yak-38, misalnya, diperkenalkan pada pertengahan tahun 1970-an sebagai jet pengangkut pertama untuk kapal induk kelas Kiev.

Pesawat ini memiliki muatan, jangkauan, dan kecepatan yang lebih rendah dibandingkan pesawat militer pesaing. Dibandingkan dengan pesawat pengangkut NATO, bahkan Yak-36M yang ditingkatkan, yang memiliki muatan dua kali lipat dan jangkauan yang lebih jauh, tidak memiliki kekuatan.

Yak-36 dinonaktifkan setelah disintegrasi Uni Soviet. Kemudian datanglah Su-33, berdasarkan pesawat tempur Su-27, yang masih beroperasi. Jet tersebut merupakan upgrade dari Yak-38, namun tidak terlalu berhasil. Kuznetsov, lebih kecil dari kapal induk AS, tidak dapat membawa banyak jet besar.

Setelah Su-33, Rusia menghidupkan kembali proyek MiG-29K dan mengembangkan varian kapal induk MiG-29 yang telah terbukti mampu bertempur. Lebih cocok untuk serangan darat dibandingkan Su-33, MiG-29K dapat membawa persenjataan seberat 9.900 pon dan mencapai kecepatan maksimum hampir 1.300 mph.

Namun, jet tersebut pernah terlibat dalam beberapa kecelakaan dan masalah teknis. Jet pengangkut utama Rusia adalah Su-33 dan MiG-29, meskipun mereka kekurangan kapal induk.

AS telah memiliki beberapa pesawat tempur siluman F-35 Lightning II berkemampuan kapal induk yang identik dengan proyeksi kekuatan globalnya.

Seperti yang ditegaskan mantan wakil kepala Angkatan Laut Rusia, hal ini mengharuskan pengembangan pesawat siluman berkemampuan kapal induk generasi kelima di Rusia.

Pengungkapan rencana Rusia ini bertepatan dengan pengembangan pesawat tempur siluman J-35 oleh China, varian FC-31 berbasis kapal induk yang dirancang khusus untuk operasi pada kapal induk China.

Meskipun memposisikan dirinya sebagai kekuatan militer yang sangat besar, sebagaimana dibuktikan oleh pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Hari Angkatan Laut tahun lalu, Rusia tidak memiliki kemampuan penting yang tampaknya hampir dimiliki oleh Amerika Serikat dan China.

Topik Menarik