Kedodoran di FP2 MotoGP Belanda 2024, Marc Marquez: Anginnya Kencang!

Kedodoran di FP2 MotoGP Belanda 2024, Marc Marquez: Anginnya Kencang!

Olahraga | sindonews | Sabtu, 29 Juni 2024 - 12:12
share

Marc Marquez membeberkan mengapa dirinya kedodoran saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) di Sirkuit Assen, Jumat (28/6/2024) kemarin. Menurutnya, angin yang kencang pada sore (waktu setempat) membuatnya sulit untuk menyesuaikan gaya mengendarai kuda besi Desmosedici.

Pada FP1, Marquez tampil cepat dengan menempati posisi kedua atau hanya tertinggal 0,065 detik dari Pecco. Namun pada sesi berikutnya, The Baby Alien hanya mampu berada di tempat keenam.

Meski lebih cepat sedikit dari waktunya sendiri di pagi hari, dia menjadi terpaut jauh dari Pecco, yang kembali membukukan waktu tercepat dengan selisih 0,511 detik darinya. Marquez menilai dirinya memang bisa langsung melaju kencang pada sesi FP1 setelah libur hampir sebulan dari seri sebelumnya.

Baca Juga: Pramac Racing Resmi Gabung Tim Satelit Yamaha di MotoGP 2025

Namun Marquez mengakui bahwa performanya memang menurun di sesi terakhir hari pertama MotoGP Belanda 2024. "Secara umum kecepatannya ada. Saya merasa nyaman dengan sangat cepat, terutama di pagi hari. Kayaknya aku belum istirahat sekian lama, perasaan itu langsung ada. Tapi di latihan kedua sudah tidak lagi di level tinggi," kata Marquez dilansir dari Speedweek, Sabtu (29/6/2024).

"Pada sore hari, agak membingungkan. Saya mencoba hal yang berbeda dan saya mengendarai kedua sepeda tersebut. Jarak set-upnya cukup berjauhan dan saya harus menyesuaikan gaya mengemudi saya. Itu tidak mudah di Assen. Karena di tikungan cepat yang terpenting adalah akurasi, Anda benar-benar harus mengemudi dengan sangat presisi, dan hal itu tidak selalu berjalan sempurna di sore hari. Hal ini sebagian disebabkan oleh angin yang lebih kencang dan juga berubah arah beberapa kali," jelas rider berusia 31 tahun itu.

Satu yang pasti menurutnya, Pecco berada dua langkah di depannya. Oleh karena itu, targetnya adalah untuk memangkas kesenjangan yang ada lebih dulu pada hari kedua yang akan memainkan sesi FP2 dan dilanjutkan dengan kualifikasi dan sprint.

Baca Juga: Bos Aprilia Racing Galau Rekrut Jorge Martin dan Marco Bezzecchi

"Seperti itu saja, Pecco saat ini dua langkah lebih maju di sini. Maverick Vinales juga sangat cepat, namun di belakangnya ada sekelompok beberapa pembalap yang kecepatannya hampir sama. Tujuan saya adalah mengurangi kesenjangan dengan lini depan terlebih dahulu," pungkas Marquez.

Sprint MotoGP Belanda 2024 sendiri dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (29/6/2024) pukul 20.00 WIB. Esok hari, balapan utama di Sirkuit Assen digelar pada pukul 19.00 WIB.

Topik Menarik