Putri Dakka Maju Cawalkot Palopo 2024, PDIP: Terbukti Peduli Rakyat

Putri Dakka Maju Cawalkot Palopo 2024, PDIP: Terbukti Peduli Rakyat

Nasional | sindonews | Sabtu, 29 Juni 2024 - 12:16
share

PDIP memberikan rekomendasi kepada Putri Dakka untuk maju sebagai calon Wali Kota (Cawalkot) Palopo. Rekomendasi tersebut menjadi tiket bagi Putri Dakka mewujudkan keinginannya membangun daerah.

Pengusaha muda asal Tana Luwu dan Palopo, Sulawesi Selatan, itu memulai kariernya dari seorang karyawan asuransi di 22013, hingga memberanikan diri mendirikan usaha. Jatuh bangun merintis usaha, tentu sudah dia rasakan.

Baca juga:PDIP Ngaku Tetap Kaji Nama Anies Jadi Cagub meski Sudah Duetkan PKS dengan Sohibul

Tak hanya dikenal sukses, pemilik nama Putriana Hamka Dakka itu, juga sudah sangat familiar di telinga masyarakat. Warga mengenal Putri karena totalitas dalam bekerja untuk menampung keinginan dan masalah yang dihadapi masyarakat.

Putri Dakka juga dikenal kerap membantu orang-orang tak mampu. Tak hanya di wilayah Palopo tapi juga di luar Palopo. Apalagi, istri dari Hendra Nganro itu juga punya komunitas yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan.

Di tengah kesibukannya sebagai pengusaha, Putri Dakka punya mimpi membangun daerahnya dan memajukan perekonomian di kota Palopo dan Luwu. Putri Dakka menilai, ekonomi kedua daerah ini akan menggeliat seiring dengan hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Di mana IKN akan memberikan potensi yang besar bagi sektor pertanian, perkebunan dan perikanan yang ada di tana Luwu. “Kehadiran IKN di Kalimantan Timur, tentunya sangat kita syukuri khususnya kami yang berada di tana Luwu. Keberadaan ibu kota negara baru yang akan ditempati di bulan Juli tahun ini tentu kedepannya akan berdampak secara ekonomi bagi kota Palopo," ujarnya, Sabtu (29/6/2024).

Atas dasar itu, Putri Dakka ingin merancang kota niaga dan jasa di Palopo sebagai episentrum pengiriman hasil bumi ataupun dari sektor perikanan ke IKN. Apalagi, produksi perikanan di daerah tersebut mencapai 18.254,40 ton, sedangkan perikanan budidaya capai 174.750,87 ton.

Di samping itu, Putri Dakka melihat Kota Palopo juga bisa ditata menjadi kawasan industri untuk pengepakan hasil pertanian, perkebunan dan perikanan sebelum dikirim ke IKN. "Yakin dengan demikian akan ada pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja tentunya,” terangnya.

Putri Dakka menilai ke depan posisi Kota Palopo sangat strategis. Sebab secara geografis berada di Selat Makassar. Tidak hanya kabupaten yang ada di Luwu, kata dia, provinsi tetangga seperti Sulawesi Barat, Tengah, dan Tenggara akan menjadi pintu keluar menuju IKN untuk mengirim hasil buminya dan untuk kegiatan ekspor hasil tambang.

"Perlu menyiapkan infrastrukturnya misalnya dermaga layaknya pelabuhan Makassar New Port. Kita tempatkan pelabuhan besar tempat bersandarnya kapal bertonase besar berada sebagai pintu keluarnya untuk mengangkut hasil bumi di tanah Luwu sebelum di kirim ke IKN," ulasnya.

"Ibaratnya kita jadi Jabodetabeknya, hasil bumi kita sangat besar di Luwu Raya akan menjadi penyumbang kebutuhan konsumsi makanan bagi penduduk di IKN, kira-kira seperti itu padangan saya melihat potensi 5 tahun ke depannya,” sambungnya.

Kehadiran dermaga besar tersebut juga akan berdampak pada pendapatan asli daerah dan kesejahteraan masyarakat. Putri Dakka juga mengungkapkan, perekonomian Kota Palopo 2023 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPN) Kota Palopo mengalami kenaikan. "Perekonomian Palopo 2023 tumbuh sebesar 4,34 dari 2022," katanya.

Hal lainnya yang akan menjadi fokus Putri Dakka adalah peningkatan indeks manusia melalui program peningkatan gizi anak dengan asupan nutrisi selama masa pertumbuhan.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua Pemenangan Pilkada Nasional PDIP Mustar Bonaventura mengatakan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada putra-putri terbaik bangsa menjadi pemimpin daerah. "Sebagai partai politik PDI Perjuangan memberi kesempatan bagi seluruh putra-putri terbaik untuk mendaftarkan dirinya menjadi pemimin daerah," katanya.

Mustar juga mengatakan partainya terbuka bekerja sama dengan pihak mana pun dalam membangun daerahnya. Terlebih figur Putri Dakka terbukti punya kepedulian dan kecepatan mengurus masyarakat.

Baca juga:23 Pati Polri yang Masuk Daftar Mutasi Terbaru dalam Rangka Pensiun

"PDIP membuka diri untuk putra-putri terbaik memberikan kontribusinya untuk membangun daerah. Yang di dukung oleh PDI Perjuangan adalah yang mau dan memahami jeritan suara hati rakyat. Siapa pun putra putri terbaik Indonesia, PDI Perjuangan pasti terbuka, mau dia anak petani, anak pedagang, maupun anak buruh selama komitmen dan keberpihakannya untuk masyarakat kecil pasti kita terbuka," tutupnya.

Topik Menarik