Sama-sama Untung, Ini Dampak Investasi Rp82 Triliun VW ke Rivian

Sama-sama Untung, Ini Dampak Investasi Rp82 Triliun VW ke Rivian

Otomotif | sindonews | Jum'at, 28 Juni 2024 - 09:26
share

Volkswagen Group (VW) baru-baru ini mengumumkan investasi raksasa hingga USD5 miliar (Rp82 triliun) ke perusahaan startup kendaraan listrik (EV) Rivian. Investasi ini tidak hanya mencakup suntikan dana, tetapi juga kerjasama pengembangan perangkat lunak yang luas. CEO Rivian RJ Scaringe kepada Reuters menyebut bahwa kerjasama mereka nantinya akan sangat penting bagi 2 belah pihak. Bagi Rivian, pendanaan ini akan menjamin kelangsungan hidup mereka. Terutama setelah merilis SUV listrik R1S dan pickup listrik R1T yang mahal, kini mereka sedang bersiap-siap merilis SUV R2 yang lebih terjangkau. Bukan tidak mungkin juga, Rivian akan mendapat akses ke VW, Lamborghini, Audi, dan lainnya yang jadi anak perusahaan VW. Bagi VW, kesepakatan ini penting bagi mereka untuk membuat mobil listrik murah dengan teknologi tinggi. Apalagi, unit bisnis sotware Cariad milik VW yang berdiri pada 2020, ternyata mengalami banyak masalah.

Dampak bagi Volkswagen (VW)

1. Peningkatan Keahlian Perangkat Lunak

Dengan mengakses keahlian Rivian dalam pengembangan perangkat lunak dan arsitektur elektrik, VW dapat memperbaiki dan mempercepat pengembangan perangkat lunak mereka yang selama ini mengalami banyak kendala. Hal ini penting untuk menjaga dan meningkatkan posisi kompetitif VW dalam pasar kendaraan listrik.

2. Pengurangan Biaya dan Waktu Pengembangan

Kolaborasi ini dapat membantu VW mengurangi biaya dan waktu pengembangan perangkat lunak dengan memanfaatkan teknologi yang sudah dikembangkan oleh Rivian. Dengan demikian, VW dapat meluncurkan kendaraan listrik baru dengan lebih efisien dan cepat.

3. Diversifikasi dan Inovasi Produk

Integrasi teknologi Rivian ke dalam portofolio VW dapat menghasilkan inovasi produk yang lebih menarik dan beragam. Ini dapat membantu VW menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan pangsa pasar mereka dalam segmen kendaraan listrik.

Dampak bagi Rivian

1. Suntikan Modal yang Signifikan

Investasi USD1 miliar dari VW, dengan potensi hingga USD5 miliar, memberikan suntikan modal yang sangat dibutuhkan oleh Rivian. Ini akan membantu Rivian dalam pengembangan dan produksi model baru mereka, seperti SUV mass-market R2.

2. Peningkatan Nilai Saham dan Kepercayaan Investor

Setelah pengumuman investasi ini, saham Rivian naik lebih dari 49 dalam perdagangan after-hours. Ini menunjukkan peningkatan kepercayaan investor terhadap masa depan Rivian dan stabilitas finansial perusahaan.

3. Akses ke Pasar dan Teknologi Baru

Kolaborasi dengan VW membuka peluang bagi Rivian untuk mengakses pasar dan teknologi baru. Ini dapat membantu Rivian memperluas jangkauan pasar mereka dan meningkatkan reputasi mereka sebagai inovator dalam industri kendaraan listrik.

Baca Juga: Ingin Hadang Mobil Listrik China, VW Suntik Rp82 Triliun ke Startup Asal California Rivian

4. Pengembangan Teknologi Bersama

Kerjasama dalam bentuk joint venture memberikan kesempatan bagi Rivian untuk bekerja sama dengan salah satu produsen mobil terbesar di dunia. Ini dapat mempercepat inovasi teknologi dan menghasilkan produk yang lebih baik dan lebih kompetitifdipasar.

Topik Menarik