Maung Garuda Buatan Pindad, Dirancang Khusus Berdasarkan Arahan Prabowo Subianto

Maung Garuda Buatan Pindad, Dirancang Khusus Berdasarkan Arahan Prabowo Subianto

Otomotif | serpong.inews.id | Senin, 21 Oktober 2024 - 08:00
share

MAUNG GARUDA atau MV3 Garuda Limousine adalah pengembangan terbaru dari MV3 yang dirancang khusus berdasarkan arahan Prabowo Subianto. Mobil berwarna putih ini memiliki desain eksklusif dan maskulin, dilengkapi dengan perlindungan tinggi dan kenyamanan berkat material berkualitas dan fitur mutakhir. (Foto: iNews/Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Usai dilantik sebagai Presiden RI ke-8, Prabowo Subianto memilih mengendarai mobil Sport Utility Vehicle (SUV), yakni MP3 Garuda atau Maung Garuda buatan PT Pindad, berwarna putih dengan pelat nomor Indonesia 1.

Prabowo mengendarai mobil tersebut menuju Istana Negara, sekaligus mengantarkan Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) ke Halim Perdana Kusuma untuk pulang ke Solo, Jawa Tengah.

Sebelumnya, Prabowo tiba menggunakan mobil Toyota Alphard dengan pelat Kemenhan, sebelum akhirnya meninggalkan Kompleks Parlemen dengan SUV putih berpelat Indonesia 1.

Pelantikan Prabowo-Gibran berlangsung di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, pada Senin (20/10/2024).

Desain Eksklusif dan Maskulin

Pada akun Instagram resmi PT Pindad dijelaskan bahwa mobil ini adalah MV3 Garuda Limousine, pengembangan terbaru dari MV3 yang dirancang khusus berdasarkan arahan Prabowo.

Pindad mengklaim bahwa mobil berwarna putih ini memiliki desain eksklusif dan maskulin, serta dilengkapi dengan perlindungan tinggi dan kenyamanan berkat material berkualitas dan fitur mutakhir.

MV Garuda memiliki bobot 2,95 ton dengan dimensi panjang 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dan tinggi 1,87 meter. Dari segi eksterior, Garuda dilengkapi automatic footstep di sisi untuk memudahkan akses keluar-masuk.


Grill Maung Garuda terinspirasi dari motif batik parang, mencerminkan kearifan lokal dan identitas bangsa. (Foto: iNews/Ist)
 

Logo Garuda, yang melambangkan kekuatan, terpampang pada berbagai bagian kendaraan, mulai dari grill hingga velg. Grillnya terinspirasi dari motif batik parang, mencerminkan kearifan lokal dan identitas bangsa.

Bagian belakang dilengkapi dengan dual exhaust untuk meningkatkan performa.

Interior mobil ini dihias dengan wood finish accents dan dilengkapi kursi captain seat yang bisa diatur secara elektrik, termasuk leg rest dan limo touch control panel. Selain itu, tersedia head unit 12 inci, kamera 360°, LED smart TV, cooled storage, dan portable WiFi.

Mobil SUV ini memiliki tenaga maksimum 199 HP, transmisi otomatis dengan 8 percepatan, dan kecepatan maksimum 100 km/jam.

Fitur keamanan pada kendaraan ini sangat tinggi. Seluruh bodi dilengkapi dengan material composite armor yang tahan terhadap peluru kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball dan 5,56 x 45 mm M193, serta kaca antipeluru level B5/B6.

Ban berukuran R21 yang digunakan adalah tipe Run Flat Tyre (RFT), yang memungkinkan mobil tetap melaju meski mengalami kebocoran. (*)

 

 

 

 

 

Topik Menarik