Kucing Downing Street Bernama Larry, Tinggal dengan 6 Perdana Menteri Inggris

Kucing Downing Street Bernama Larry, Tinggal dengan 6 Perdana Menteri Inggris

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Minggu, 7 Juli 2024 - 21:10
share

LONDON, iNewsSerpong.id - Kediaman Perdana Menteri Inggris di Downing Street 10, London, pada Jumat (5/7/2024) kemarin mulai ditempati penghuni baru. Dia adalah Sir Keir Starmer yang resmi diangkat sebagai perdana menteri Inggris, menyusul kemenangan telak partainya di pemilu 4 Juli kemarin.

Kemenangan Starmer dan Partai Buruh yang dipimpinnya menorehkan perubahan besar dalam peta perpolitikan Inggris. Dan ketika politikus berumur 61 tahun itu mulai menempati rumah dinas barunya menggantikan Rishi Sunak , ada satu yang tak tergantikan di sana, yaitu Larry si kucing Downing Street.

Kucing putih jantan itu bukan kucing biasa. Dia menyandang gelar resmi Kepala Penangkap Tikus di Kantor Kabinet. Jabatan itu dipegang Larry sejak 15 Februari 2011. Kemarin, dia terlihat berjalan di sekitar pintu hitam mengkilap milik kediaman sekaligus kantor kepala pemerintahan Inggris itu.

Dengan kehadiran Starmer, sepanjang kariernya Larry berarti telah tinggal dengan enam perdana menteri yang berbeda. Adapun lima perdana menteri lainnya yaitu David Cameron (hingga 2016), Theresa May (2016-2019), Boris Johnson (2019-2022), Liz Truss (2022), dan Rishi Sunak (2022-2024).

Sejak menduduki "kursi kekuasaan" Inggris pada 2011 di bawah pemerintahan PM Cameron, Larry diadopsi dari Rumah Anjing & Kucing Battersea yang berada di dekat Downing Street 10. Gejolak politik yang terjadi selama pemerintahan Partai Konservatif menyebabkan lima kali pergantian kepemimpinan kabinet dalam delapan tahun terakhir, yang berarti Larry pun harus berhadapan dengan banyak perdana menteri dalam kurun waktu tersebut.

Pada Jumat kemarin, teman baru satu rumahnya, Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer, mulai menjabat setelah menang pemilu. Meskipun Larry jelas tidak akan ke mana-mana, dia mungkin bakal ditemani penghuni lain yang juga berasal dari bangsanya sesama kucing. Sebab, Starmer sendiri sudah memiliki seekor kucing bernama JoJo yang diharapkan dapat ikut dengannya saat tinggal di Downing Street.

(*)

Topik Menarik