Bersihkan Sampah Usai Acara Deklarasi Kampanye Damai Tuai Pujian Masyarakat

Bersihkan Sampah Usai Acara Deklarasi Kampanye Damai Tuai Pujian Masyarakat

Terkini | semarang.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 14:10
share

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Aksi spontanitas relawan Alap-alap Jokowi (AAJ) membersihkan sampah yang berserakan usai acara deklarasi kampanye damai di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, pada Selasa (24/9/2024) menuai pujian masyarakat.

Taufiq, salah seorang warga Semarang yang melihat hal tersebut, mengapresiasi aksi relawan AAJ. Menurut dia sudah saatnya kampanye diisi dengan hal-hal yang positif termasuk dengan melakukan aksi simpatik seperti aksi bersih-bersih sampah oleh pendukung calon gubernur. 

“Menurut saya sih bagus, bikin simpati kepada masyarakat,” ujar warga Peterongan, Semarang ini.

Sebelumnya, pada Senin malam relawan Alap-Alap Jokowi juga membersihkan sampah yang berada di depan Kantor KPU Jawa Tengah pasca pengambilan nomor urut pasangan calon. 

“Ini aksi spontan saja dari relawan Alap-Alap Jokowi yang sejak awal konsisten mendukung Pak Luthfi dan Gus Yasin dalam Pilgub Jateng mendatang,” ujar Koordinator Posko Alap-Alap Jokowi Semarang, Lilik seusai melakukan aksi bersih-bersih di depan KPU Jateng.

Menurut Lilik, aksi membersihkan sampah pasca deklarasi kampanye damai melibatkan puluhan relawan Alap-Alap Jokowi Kota Semarang. Mereka dari rumah sudah mempersiapkan kantong plastik ukuran besar dan memungut sampah botol minuman, kardus makanan dan lainnya. 

“Kita tidak peduli itu yang meninggalkan sampah siapa, pendukung siapa. Kita hanya ingin lingkungan Kantor KPU setelah acara deklarasi kampanye damai kembali bersih. Kita jaga kebersihan Kota Semarang, dan itu juga salah satu pesan Pak Luthfi,” ungkap Lilik. 

Ketua Umum Alap-Alap Jokowi, Muhammad Isnaini mengatakan apa yang dilakukan tersebut merupakan kebiasaan. 

“Ini kebiasaan kami di kampung. Kebetulan saya juga Ketua RT. Tepatnya di kampung padat di Kota Semarang. Kegiatan ini seperti menjadi rutinitas di kampung. Ada tirakatan 17-an, 1 Sura atau tahun baru. Termasuk kalau Sholat Ied. Karena kampung kami kampung padat, yang dipakai jalan kampung," 

"Nah, setelah selesai semuanya, kami gerakkan warga terutama karang taruna. Datang bersih, pulang ya harus bersih. Itulah, sudah jadi rutinitas,” kata Isnaini.

“Termasuk acara  di KPU Jateng hari ini. Kampanye Damai Pilgub Jateng. Kita tunjukkan kesungguhan kita mendukung Mas Luthfi-Taj Yasin, menangkan nomor 2. Meski melalui gerakan sangat sederhana,” tegas Isnaini.

Topik Menarik