5 Rekomendasi Film Jepang Populer yang Diangkat dari Kisah Nyata

5 Rekomendasi Film Jepang Populer yang Diangkat dari Kisah Nyata

Seleb | okezone | Senin, 2 September 2024 - 10:20
share

JAKARTA Rekomendasi film Jepang populer yang diangkat dari kisah nyata. Film-film ini diadaptasi dari peristiwa di kehidupan nyata yang menyentuh hati dan menggugah emosi penonton.

Beberapa mengangkat tema kisah cinta sejati, sementara lainnya bercerita tentang perjuangan melawan kesulitan hidup. Film-film ini tak hanya menghibur namun juga memberikan pelajaran berharga tentang kehidupan.

5 Rekomendasi Film Jepang Populer yang Diangkat dari Kisah Nyata

1.Antarctica (1983)

Film Antarctica atau dalam bahasa Jepang Nankyoku Monogatari digarap oleh sutradara Koreyoshi Kurahara. Film ini diangkat dari cerita ekspedisi ilmiah Jepang ke Antartika, pada 1958.

Rekomendasi Film Jepang Populer yang Diangkat dari Kisah Nyata. (Foto: Antarctica/Nippon Herald Films)

Secara mendetail, film ini bercerita tentang hubungan dua ilmuwan, Ushioda dan Ochi, dengan anjing penarik kereta salju mereka. Dalam film ini, akan diperlihatkan pergolakan batin keduanya saat harus meninggalkan dua anjing mereka, Taro dan Jiro, di tengah cuaca ekstrem Antartika.

2.Hachiko Monogatari (1987)

Anjing dikenal sebagai binatang yang sangat loyal kepada tuannya dan hal itu digambarkan dalam film Hachiko Monogatari. Film arahan Seijiro Koyama ini berkisah tentang Hachiko, seekor anjing Akita peliharaan Profesor Hidesaburo Ueno.

Rekomendasi Film Jepang Populer yang Diangkat dari Kisah Nyata. (Foto: Hachiko Monogatari/Shochiku-Fuji Company)

Menariknya, Hachiko setiap hari selalu mengantar jemput Profesor Ueno di Stasiun Shibuya. Hingga suatu hari, sang profesor meninggal dunia namun anjing tersebut selalu menunggu tuannya bertahun-tahun di stasiun tersebut.

3.Nobody Knows (2004)

Film bergenre drama ini disutradarai, diproduksi, dan ditulis oleh Hirokazu Koreeda. Proyek ini diadaptasi dari peristiwa menggemparkan empat anak terlantar Nishi Sugamo yang terjadi di Tokyo, pada 1988.

Rekomendasi Film Jepang Populer yang Diangkat dari Kisah Nyata. (Foto: Nobody Knows/Everett Collection)

Film Nobody Knows bercerita tentang empat orang anak yang ditinggalkan ibu mereka. Mereka harus bertahan hidup tanpa pantauan orang dewasa dan hanya bisa bergantung satu sama lain di sebuah apartemen sempit di Tokyo, Jepang.

4.The 8 Year Engagement (2017)

Proyek arahan Takahisa Zeze ini diangkat dari buku autobiografi Hisashi Nishozawa dan Mai Nakahara. Kisahnya tentang perjalanan cinta Hisashi (Takeru Satoh) dan Mai (Tao Tsuchiya) yang merencanakan pernikahan mereka.

Rekomendasi Film Jepang Populer yang Diangkat dari Kisah Nyata. (Foto: The 8 Year Engagement/Mongkol Cinema)

Namun sayangnya, Mai mengidap penyakit langka bernama Anti-NMDA Receptor Encephalitis yang membuatnya mengalami koma cukup lama. Saat bangun, Mai justru tidak mengenal Hisashi dan melupakan semua kenangan mereka.

5.Fukushima 50 (2020)

Film arahan Setsuro Wakamatsu ini mengusung genre drama yang berkisah tentang sekelompok pekerja di sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Nukir Fukushima Daiichi. Bencana nuklir berpotensi terjadi setelah gempa bumi dan tsunami Tohoku, pada 2011.

Rekomendasi Film Jepang Populer yang Diangkat dari Kisah Nyata. (Foto: Fukushima 50/Kadokawa)

Proyek yang diadaptasi berdasarkan buku On the Brink: The Inside Story of Fukushima Daiichi karya Ryusho Kadota, film ini menyoroti keberanian dan dedikasi para pekerja yang tetap bertahan di PLTN meskipun menghadapi risiko besar.

Demikian Rekomendasi Film Jepang Populer yang Diangkat dari Kisah Nyata.*

Topik Menarik