5 Cara Melancarkan Pembuluh Darah, Nomor 2 Paling Mudah

5 Cara Melancarkan Pembuluh Darah, Nomor 2 Paling Mudah

Seleb | BuddyKu | Rabu, 11 Januari 2023 - 21:25
share

JAKARTA, iNews.id - Simak cara melancarkan pembuluh darah. Sistem peredaran darah penting untuk kesehatan seluruh tubuh.

Peredaran darah yang terhambat bisa menyebabkan darah tidak mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh untuk memasok oksigen dan nutrisi penting.

Umumnya, gejala yang paling terlihat akibat dari terhambatnya peredaran darah adalah bagian kaki atau tangan membengkak, bagian tubuh ada yang mati rasa, kram, kedutan, dan nyeri.

Jika sampai berlarut-larut dan tidak segera dicegah, terganggunya sistem peredaran darah ini akan menyebabkan penyakit.

Berikut cara melancarkan pembuluh darah, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/1/2023).

1. Rutin olahraga

Aktivitas olahraga merupakan kegiatan positif yang sebaiknya kita lakukan secara rutin. Olahraga juga bisa melancarkan peredaran darah utama.

Selain itu, olahraga juga bisa membawa manfaat untuk meningkatkan energi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Minum air putih

Air putih dibutuhkan oleh tubuh untuk memasok cairan agar kita tidak mengalami dehidrasi. Selain dehidrasi, hal ini juga bisa mengganggu peredaran darah kita.

3. Menerapkan pola makan seimbang

Perlunya menjaga pola makan seimbang agar peredaran darah di tubuh jadi lancar. Kita harus menyeimbangkan konsumsi hewani dan nabati agar kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan bisa terpenuhi.

Akibat dari vitamin dan mineral yang seimbang, tubuh kita akan lebih sehat dengan tidak adanya kolesterol jahat menumpuk di aliran darah.

4. Pijat

Pijat juga memberi kita manfaat untuk melancarkan sistem peredaran darah. Hal ini karena pijat bisa memicu aliran di tubuh lebih lancar dan merilekskan otot-otot yang kaku.

Tekanan-tekanan dari pijatan bisa membantu membuang asam laktat di otot dan melancarkan sirkulasi cairan getah bening di tubuh.

Cairan getah bening ini berfungsi sebagai pembawa limbah dari otot untuk dikeluarkan dari tubuh. Dampaknya pun bisa menormalkan tekanan darah dan mencegahnya naik terlalu tinggi.

5. Kelola stres

Ketika tubuh Anda mengalami stres, pembuluh darah akan mengalami penyempitan sehingga sirkulasi darah menjadi terganggu.

Stres memang tidak dapat dihindari dari kehidupan sehari-hari. Namun, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengelola stres agar tidak berlarut-larut.

Topik Menarik