10 Contoh Promosi Produk untuk Memikat Hati Pembeli

10 Contoh Promosi Produk untuk Memikat Hati Pembeli

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 14 Mei 2022 - 20:42
share

JAKARTA, celebrities.id - Promosi produk merupakan hal wajib yang perlu kita ketahui dan contoh, apabila ada kisah sukses inspiratif yang menaik untuk kita ikuti.

Apabila kita ingin mencoba membuka usaha, tak dipungkiri memahami soal promosi produk menjadi sangat penting dilakukan, guna memikat hati calon pembeli serta dapat menguatkan usaha kamu loh.

Oleh karena itu, promosi produk yang berkelanjutan penting diterapkan selalu, agar usah kamu bisa menjangkau lebih luas dan diketahui banyak orang.

Ada beberapa contoh promosi produk yang bisa kamu lakukan, apa saja? Berikut ulasanya, seperti dirangkum tim celebrities.id dari berbagai sumber, Sabtu (14/5/2022)

Deretan Contoh Promosi Produk

1. Kupon Diskon

Promosi ini cocok untuk menggaet pelanggan baru. Bisa jadi produk yang mereka butuhkan bisa didapat di toko online lain dengan harga lebih murah.

Namun, orang lebih suka dengan kata-kata diskon. Jika pelanggan baru suka dengan produkmu tidak ada salahnya beri diskon sebagai perkenalan.

Melalui cara ini juga tidak menutup kemungkinan pelanggan akan merasa nyaman, dan akan kembali berbelanja dikemudian hari.

2. Gratis Ongkir

Gratis biaya ongkos kirim merupakan cara efektif untuk meningkatkan penjualan.

Promosi ini banyak ditunggu pelanggan agar bisa melakukan penghematan dari sisi ekspedisi barang.

Promosi gratis ongkir bisa dilakukan dengan memberikan kupon terbatas atau periode terbatas dengan jumlah minimal transaksi tertentu.

3. Cashback

Cashback menjadi metode promosi yang cukup populer belakangan ini,terbukti banyak sekali marketplace besar yang menggunakan metode ini.

Selain itu, ada pula startup baru seperti Shopback yang menyediakan bonus cashback setiap kali Anda belanja online.

Maka dari itu, cashback bisa menjadi bagian dari contoh promosi produk.

4. Buy one get one free

Promo buy 1 get 1 free juga menjadi salah satu alternatif promosi yang bisa Anda terapkan.

Bisa dikatakan promo ini adalah nama lain diskon, namun dengan syarat beli 1 gratis 1, sama saja seperti membeli produk yang mendapat diskon 50%.

Melalui cara ini, sebenarnya yang terjadi adalah konsumen dipaksa untuk membeli dua produk.

Promosi ini cukup efektif untuk mempercepat perputaran arus kas bisnis Anda, meski keuntungan yang didapat tidak sebanyak saat harga normal.

5. Bekerja sama dengan influencer

Selanjutnya, kamu bisa bekerja sama dengan influencer untuk memperluas jangkauan pelanggan kamu.

Caranya kamu bisa memberikan kode voucher khusus yang diberikan oleh influencer dengan begitu pengikutnya dapat tertarik untuk membeli produk kamu.

6. Flash sale atau promo batas waktu

Kenapa sih promo harus dikasih batas waktu? karena dengan adanya batas waktu membuat pelanggan kamu merasa untuk cepat-cepat membeli agar tidak ketinggalan.

Batasan waktu ini bisa kamu perkirakan apakah harian, mingguan, atau bulanan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan batas konsumen yang mendapatkan promo.

7. Penawaran reward

Konsep reward yang digunakan sebagai bentuk promosi yang berbeda dengan hadiah. Reward dapat berbentuk poin misal bisa dikumpulkan oleh pembeli setiap kali berbelanja.

Pembeli bisa mendapatkan reward setelah berbelanja dalam jumlah tertentu. Selanjutnya, reward akan ditukarkan dengan produk atau potongan belanja.

8. Sematkan kata-kata Harga Spesial

Kata promosi jualan online yang cukup banyak menarik konsumen adalah menyematkan kata-kata Harga Spesial.

Kata-kata Harga Spesial atau bisa juga Harga Khusus bisa kamu gunakan pada produk terlaris. Apalagi, jika produk tersebut memiliki harga yang dirasa tinggi, maka menggunakan kata-kata harga spesial bisa menarik calon pembeli.

Penggunaan kalimat ini hampir mirip dengan diskon. Akan tetapi, kalimat tersebut lebih condong diperuntukkan pada barang yang memang laku di pasaran.

9. Menggunakan kata-kata berkesan eksklusif

Cara berikutnya adalah menggunakan kata-kata dengan kesan eksklusif. Hal tersebut sangat efektif dalam memancing calon konsumen, khususnya kolektor karena kelangkaan barang tersebut.

Meskipun begitu, tidak jarang juga pembeli mengincarnya karena bisa meningkatkan percaya diri.

10. Memasang harga murah

Semua konsumen pastinya ingin mendapatkan harga murah dengan kualitas terbaik. Apalagi untuk promosi barang baru, kamu bisa memasang rentang harga murah sebagai pengenalan.

Dengan menggunakan rentang harga murah, setidaknya calon pelanggan bisa tertarik meskipun belum tentu beli. Nah, disinilah kamu bisa gabungkan berbagai poin di atas sehingga calon konsumen bersedia membelinya.

Topik Menarik