5 Keutamaan Surat Al Kahfi, Terhindar dari Fitnah Dajjal hingga Diampuni Dosa

5 Keutamaan Surat Al Kahfi, Terhindar dari Fitnah Dajjal hingga Diampuni Dosa

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 14 Mei 2022 - 18:07
share

JAKARTA, celebrities.id - Keutamaan surat Al Kahfi sebagai salah satu surat dalam Al Quran ternyata memiliki banyak manfaat jika umat Islam mau mengamalkan maupun membaca bahkan jika mau menghafalnya. Rasulullah SAW pun menganjurkan umatnya untuk membacanya setiap hari.

Membaca surat Al Kahfi merupakan sesuatu yang dianjurkan (mustahab) khususnya di hari Jumat karena pahala yang begitu besar dan dilakukan dalam rentang waktu yang disunnahkan.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Sabtu (14/5/2022) telah merangkum keutamaan surat Al Kahfi, sebagai berikut.

Keutamaan Surat Al Kahfi

1. Akan Mendapatkan Cahaya Penerang dari Allah

Dengan mendapat ridho dari Allah, maka hati kita akan merasa damai dan tentram dalam menjalani hidup ini. Membaca Surat Al Kahfi hidup menjadi berkah. Salah satu manfaat membaca surat Al Kahfi dengan rutin di hari Jumat atau malam Jumat adalah agar Allah selalu melindungi hidup kita dengan cahaya keberkahan dan petunjuk dalam kehidupan ini.

Sehingga walaupun ujian dan cobaan datang, kita tetap sabar dan kuat menghadapinya. Dalam sebuah hadits meriwayatkan,
Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi. (HR Ahmad).

2. Pengampunan Dosa oleh Allah SWT

Setiap manusia pasti memiliki dosa dan khilaf, baik yang disadari maupun tak disadari. Namun, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang mau bertobat dan kembali ke jalan Allah SWT. Untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW dengan mengamalkan surat Al-Kahfi pada hari Jumat.

Diriwayatkan dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:
"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat."

3. Akan Terhindar dari Fitnah Dajjal

Keutamaan surat Al Kahfi selanjutnya terletak pada sepuluh ayat terakhir. Hadits Rasulullah menyebutkan seseorang yang membaca sepuluh ayat terakhir surat Al Kahfi akan terhindar dari fitnah dajjal.

Berikut bunyi hadits dari Abu Darda\' RA,

Artinya: "Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal." (HR Ibnu Hibban).

4. Akan Mendapatkan Ridha Allah SWT

Umat muslim yang membacanya akan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan berkah bagi dirinya. Sebagaimana dalam hadits riwayat Ahmad,
Rasulullah SAW bersabda:
Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi. (HR Ahmad).

5. Pengingat Kebesaran Allah SWT

Umat muslim wajib untuk senantiasa mengingat akan kebesaran Allah Ta\'ala, serta hari kiamat. Dalam Al Quran surat Al Kahfi ayat 47 menerangkan,
"Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar. Dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka."

Topik Menarik