Hepatitis Misterius juga Dapat Menginfeksi Orang Dewasa? Ini Penjelasan Pakar Kesehatan

Hepatitis Misterius juga Dapat Menginfeksi Orang Dewasa? Ini Penjelasan Pakar Kesehatan

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 18:05
share

JAKARTA, celebrities.id - Hepatitis akut misterius yang kini sudah masuk di Indonesia, terus berkembang hingga tercatat 18 kasus. Namun, mayoritas kasus menginfeksi anak usia dari lima sampai sembilan tahun.

Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Prof Dr. Mohammad Syahril menerangkan, kasus Hepatitis Akut Misterius juga dapat menginfeksi orang dewasa.

Dalam kasus Hepatitis akut ini, terdapat tiga klasifikasi yang ditentukan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) yaitu Confirmed, Probable dan Epi-Linked.

Bagi usia dewasa yang terinfeksi Hepatitis akut misterius ini, masuk ke dalam kategori Epi-Linked. Gejala yang dialami sama dengan usia anak-anak yang terinfeksi dan juga pemeriksaannya.

"Nah WHO membuka klasifikasi yang namanya Epi-Linked gejalanya sama dan juga pemeriksaan Hepatitis juga A,B,C,D,E. Tetapi usianya di atas 16 tahun dan salah satu syaratnya lagi dia ada kontak dengan pasien," ujar Prof Syahril dalam webinar update Hepatitis Akut di Indonesia hari ini (13/5/2022)

"Paling banyak berdomisili di DKI Jakarta sebanyak 12 orang. Dengan 0 - 4 tahun 4 orang, 5 - 9 tahun 6 orang, 10 - 14 tahun 4 orang, 15 - 20 tahun 4 orang," tuturnya.

Dalam penjelasannya, Syahril mengatakan bahwa ada tiga klasifikasi dalam kasus Hepatitis akut misterius ini, klasifikasi pertama yaitu confirmed. Kasus tidak diketahui penyebab atau belum ada data terkait penyakit Hepatitis akut misterius ini.

Lebih lanjut, klasifikasi kedua yaitu Probable yang ditemukan gejala atau tanda-tanda dari Pasien Hepatitis akut misterius. Gejala tersebut diketahui, gastrointestinal, seperti sakit perut, mual, muntah hingga diare, dll.

Gejala tersebut berlanjut ke memberat yaitu timbul kuning di kelopak mata, hingga warna kulitnya. Juga ditemukan gejala air mani berwarna pekat serta warna feses pucat putih.

"Apabila dalam pemeriksaan di laboratorium tidak ditemukan hepatitis a b c d dan e, yang awal itu SGOT SGPT dan lebih dari 500 interrnasional per liter. Kriteria satu lagi adalah usianya di bawah 16 tahun," ujarnya

Sekadar informasi, sebaran 18 kasus diduga Hepatitis akut misterius di Indonesia, yaitu 12 kasus di DKI Jakarta, 1 kasus di Bangka Belitung, 1 kasus di Jawa Barat, 1 kasus di Jawa Timur, 1 kasus di Kalimantan Timur, 1 kasus di Sumatera Barat dan 1 kasus di Sumatera Utara.

Topik Menarik