Lebaran Tanpa Rendang Kurang Afdol, Begini Cara Masak yang Enak dan Kaya Rasa

Lebaran Tanpa Rendang Kurang Afdol, Begini Cara Masak yang Enak dan Kaya Rasa

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 30 April 2022 - 12:44
share

JAKARTA, celebrities.id - Perayaan Idul Fitri atau yang kerap dikenal dengan Lebaran pasti identik dengan rendang sapi. Bahkan, makanan yang satu ini juga kerap dipadukan dengan ketupat.

Biasanya, dalam memasak daging rendang sudah pasti daging sapi yang dibeli adalah daging sapi lokal. Selain harga lebih murah, daging sapi lokal mudah didapatkan ketimbang daging sapi luar negeri.

Sayangnya, mengolah daging sapi lokal sangat sulit. Pasalnya, daging sapi lokal memiliki keempukan daging yang kurang enak untuk disantap ketimbang daging sapi luar negeri.

Nah, dalam memasak daging sapi lokal maka Celeb Hitz enggak usah merasa bingung. Menurut Praktisi Kuliner Chef Hendri Syamsul dalam mengolah daging sapi untuk dibuat rendang maka harus diketahui bagian daging sapi yang akan dimasak.

"Bagian daging yang padat dan kaya akan lemak itu bisa menjadi solusi seperti bagian paha, terutama paha bagian luar," ucapnya kepada celebrities.id , Sabtu (30/4/2022).

Diakuinya, jika salah memilih bagian jenis daging sapi yang akan dibuat rendang maka daging akan cepat hancur. Pasalnya, memasak rendang butuh waktu yang lama.

"Hindari penggunaan bagian daging lunak seperti has dalam karena jenis ini akan mudah hancur bila dimasak dalam waktu lama," tuturnya lagi.

Kemudian, diakuinya lagi selain menggunakan daging sapi maka Celeb Hitz juga harus memahami soal pemakaian bumbu yang tepat dan biarkan daging meresap sempurna agar rasa rendang lebih gurih saat dikonsumsi bersama opor.

"Gunakanlah jumlah santan yang tepat dan tingkat kematangan yang sempurna. Hal ini bertujuan untuk daging cukup empuk dan bumbu bisa meresap," tuturnya.

Topik Menarik