Bolehkah Minum Kopi saat Mudik Lebaran? Ini Penjelasan dari Praktisi Kesehatan

Bolehkah Minum Kopi saat Mudik Lebaran? Ini Penjelasan dari Praktisi Kesehatan

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 30 April 2022 - 10:51
share

JAKARTA, celebrities.id - Kopi kerap dibutuhkan para pemudik khususnya yang membawa kendaraan. Fungsinya adalah untuk menghindari rasa lelah dan ngantuk, lantas bolehkan konsumsi kopi saat mudik lebaran? Berikut penjelasan dari praktisi kesehatan.

Selama perjalanan mudik lebaran, perlu ada yang diperhatikan termasuk meminum kopi. Guna meningkatkan mood selama perjalanan, dengan beberapa aturan atau tidak diminum sebebasnya.

Menurut Dr. Muhammad Fajri AddaI, dokter relawan Covid-19 dan edukator kesehatan, pemudik bisa mengonsumsi kopi dengan tidak berlebihan. Dia menegaskan kopi tidak dikonsumsi ketika seseorang dalam mengantuk maksimal (100 persen).

"Boleh dikonsumsi namun tidak disarankan dengan kondisi tidak mengantuk 100 persen meminum kopi," ujar Dr Fajri, Sabtu (30/4/2022).

Sedangkan, menurut penelitian Mayo Clinic bila ada hubungan positif antara konsumsi kopi dan semua penyebab kematian, diamati pada pria dan pada pria dan wanita yang lebih muda dari 55 tahun.

Berdasarkan temuan ini, tampaknya tepat untuk menyarankan bahwa orang yang lebih muda menghindari konsumsi kopi berat (yaitu, rata-rata >4 cangkir per hari). Namun, temuan ini harus dinilai dalam studi masa depan dari populasi lain.

Sementara, menurut Studi Minum Kopi Nasional terbaru dari Asosiasi Kopi Nasional, sekitar 64% orang dewasa Amerika minum kopi setiap hari, dan diantara peminum kopi, konsumsi kopi rata-rata di Amerika Serikat adalah 3,1 cangkir per hari. Meski demikian, kopi telah lama diduga berkontribusi terhadap berbagai kondisi kesehatan kronis.

Dengan begitu, sangat disarankan tidak lebih dari satu cangkir dalam sehari. Sebab penelitian Mayo Clinic kopi, lama diduga berkontribusi terhadap berbagai kondisi kesehatan kronis yang telah diselidiki dalam kaitannya dengan kondisi seperti obesitas, hipertensi dan penyakit jantung koroner.

Topik Menarik