Mengenal 4 Jenis Ketupat Khas Indonesia, Makanan Wajib saat Lebaran!

Mengenal 4 Jenis Ketupat Khas Indonesia, Makanan Wajib saat Lebaran!

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 29 April 2022 - 20:25
share

JAKARTA, celebrities.id - Momen Idul Fitri identik dengan perayaan yang meriah, termasuk sajian makanan khas Lebaran.

Ketupat menjadi salah satu makanan yang wajib hadir saat Lebaran, bersamaan dengan menu pendamping andalan Lebaran seperti opor ayam, sambel ati dan sayur labu.

Ketupat terbuat dari beras, yang dibungkus dengan daun kelapa atau janur. Teksturnya empuk rasanya memang cenderung hambar, namun aromanya cukup khas.

Tapi tahukah Anda, jika ketupat memiliki banyak jenisnya. Khususnya di setiap wilayah di Indonesia, masing-masing daerah ternyata memilik ciri khasnya lho, dan dibilang sebagai pembeda.

Dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (29/4/2022), berikut ini empat macam ketupat yang perlu Anda ketahui.

1. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan merupakan kuliner khas dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan (Kalsel). Seperti ketupat pada umumnya, bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras.

Ketupat ini dibentuk dengan tekstur kasar dan mudah hancur. Cara menikmatinya, Anda menghancurkan terlebih dulu ketupatnya, lalu disajikan dengan ikan gabus serta sajian lainnya khas Kalsel.

2. Ketupat Pulut

Kemudian ada ketupat pulut. Makanan ini diambil dari bahasa Medan ini, artinya ketan.

Ketan yang digunakan adalah beras ketan putih. Dimasak menggunakan santan hingga kering. Rasanya yang gurih dan ada asinnya membuat pulut ini menjadi salah satu hidangan Lebaran yang disajikan di Sumatera Utara. Ketupat biasanya disajikan dengan rendang dan tapai ketan hitam.

3. Ketupat Palas

Ketiga adalah ketupat Palas, juga terbuat dari ketan sama seperti ketupat pulut. Kemudian beras ketan yang masih mentah ini dibalut dengan daun palem.

Ketupat palas biasanya ditemukan di bagian Indonesia bagian Tengah seperti Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bentuk ketupat palas berbentuk segitiga, hampir serupa dengan bentuk ketupat lainnya.

4. Ketupat Bareh

Ketupat Bareh merupakan ketupat khas Minang, Sumatera Barat dan terdapat di pesisir barat Sumatera Utara, terutama daerah Sibolga. Ketupat Bareh terbuat dari beras putih dan direbus dengan santan yang membuat rasanya gurih.

Biasanya dihidangkan bersama dengan sambal kelapa dan asam padeh ikan. Namun, Anda juga bisa menemukannya di Sumatera Utara dan Sulawesi.

Topik Menarik