Film-Film Keanu Reeves Dihapus dari Layanan Streaming Tiongkok

Film-Film Keanu Reeves Dihapus dari Layanan Streaming Tiongkok

Seleb | celebrities.id | Minggu, 27 Maret 2022 - 16:30
share

Jakarta, celebrities.id - Sebagai aktor Hollywood, Keanu Reeves dikenal di seluruh dunia karena film-filmnya yang keren. Bukan hanya itu, Keanu disukai penggemar karena sifatnya yang murah hati. Namun, baru-baru ini Pemerintah Tiongkok menjadi korban pemberangusan. Tak ayal, film-filmnya dihilangkan dari layanan streaming.

Melansir dari Bangkok Post, Minggu (27/3/2022), belum lama ini nama Keanu Reeves diketahui perlahan-lahan menghilang dari dua layanan streaming terbesar Tiongkok; Tencent Video dan iQiyi. Tak diketahui sejak kapan, namun setidaknya ada 19 film Keanu Reeves yang kini tak bisa ditemukan.

Meski konten dan artikel tentang film seperti The Matrix dan John Wick masih bisa dimunculkan di media sosial, hasil pencarian nama sang aktor mengembalikan hasil yang nihil. Hingga kini, pihak Tencent dan iQiyi masih menolak berkomentar soal keputusan ini.

Menurut spekulasi paling santer beredar, penghapusan ini terjadi akibat partisipasi Keanu dalam sebuah konser virtual yang digelar Tibet House US; sebuah organisasi nirlaba yang didirikan Dalai Lama. Ketika mengumumkan kehadirannya dalam acara ini Januari lalu, Keanu langsung menuai kecaman dari warganet Tiongkok.

Di masa lalu, Tiongkok punya sejarah yang panjang dengan Dalai Lama. Ketika sang pemuka agama diasingkan di India, pemerintah Tiongkok menuduhnya mendirikan sebuah gerakan separatis di Tibet dan akhirnya membebaskan daerah tersebut pada tahun 1951.

Melihat adanya sejarah tersebut, cukup masuk akal bagi pemerintah Tiongkok untuk memboikot artis-artis yang mendukung Dalai Lama. Namun, hingga kini, belum bisa dikonfirmasi apakah konser tersebut benar menjadi penyebab hilangnya Keanu di layanan streaming Tiongkok.

Topik Menarik