Pengumuman Olimpiade Nasional Sumpah Pemuda, Ini Daftar Pemenang ONSP 2024

Pengumuman Olimpiade Nasional Sumpah Pemuda, Ini Daftar Pemenang ONSP 2024

Terkini | purwokerto.inews.id | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 16:40
share

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id -Olimpiade Nasional Sumpah Pemuda (ONSP) 2024 telah dilaksanakan secara online melalui website cbt.pusatprestasi.id pada Minggu, (13/10) lalu. Kompetisi ONSP 2024 yang digelar oleh Penyelenggara Olimpiade Nasional ini bertujuan untuk menyediakan wahana bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan minat dan bakat pada bidang sains dan teknologi.

"Mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk jenjang pendidikan selanjutnya, lalu mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk bersaing pada ajang OSN dari Pusat Prestasi Nasional. Selain itu untuk jenjang Perguruan Tinggi juga bisa mengikutinya," kata Alumni Medalis Olimpiade Astronomi Internasional di Korea Selatan, Rizki Wahyu P dalam keterangannya, Jumat (18/10/2024).

Menurut Rizki, hasil dari Olimpiade Nasional Sumpah Pemuda 2024 telah diumumkan pada hari Selasa, 15 Oktober 2024 pukul 13.00 WIB.

"Pengumuman dapat dilihat pada akun cbt masing-masing peserta. Caranya dengan login ke website cbt.pusatprestasi.id lalu klik icon pengumuman atau pengeras suara pada bidang ONSP 2024. Pengumuman juga bisa diunduh di bit.ly/HASILONSP2024," kata Rizki.

Pada kesempatan ini Rizki juga mengucapkan selamat bagi para peserta yang telah menjadi pemenang pada ajang kompetisi ONSP 2024.

"Penyelenggara Olimpiade Nasional dan panitia mengucapkan selamat, turut senang juga bangga kepada para pemenang atas pencapaiannya yang luar biasa di Olimpiade Nasional Sumpah Pemuda 2024. Bagi yang belum menjadi pemenang di kompetisi ONSP 2024, jangan patah semangat. Masih ada jalur prestasi dikompetisi Penyelenggara Olimpiade Nasional selanjutnya yang sudah menanti. Jadi tetap belajar dan semangat selalu untuk para pelajar Indonesia," jelasnya.

Kompetisi ONSP 2024 ini sendiri diikuti oleh sejumlah pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia. Mereka saling berkompetisi mengasah kemampuannya mengikuti Olimpiade Nasional Sumpah Pemuda 2024.

Menurut Nabhan Zaidan Zhahir, siswa SDN Barokah mengatakan, mengikuti ONSP merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi dirinya. Meski dilakukan secara online, namun kompetisi ini tetap memberikan tantangan yang mendalam dan menuntut kemampuan berpikir kritis serta keterampilan yang tinggi.

"Saya sangat terkesan dengan profesionalitas panitia dalam mengelola acara, mulai dari teknis hingga konten soal yang disajikan. Termasuk inisiatif penyelenggaraan ONSP secara online, yang memberikan kesempatan bagi banyak peserta di berbagai daerah untuk ikut serta," ucapnya.

Ia berharap semoga olimpiade ini dapat terus berkembang dengan inovasi baru, baik dari segi soal maupun teknologi pendukung, sehingga tetap relevan dan menarik bagi generasi muda.

Pelajar lain, Ainun Nur Khofifah dari UPT SPF SMP Negeri 8 Makassar juga mengungkapkan pengalamannya mengikuti ONSP yang sangat berharga bagi dirinya. Menurutnya, event ini memberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan dirinya. Bahkan, event ini juga memberikan wadah yang bagus untuk menyalurkan bakat dan potensi generasi muda dalam berbagai bidang.

"Kemenangan ini menjadi pengingat bahwa tidak ada usaha yang sia-sia. Saya berharap siapa pun yang bermimpi besar tidak pernah ragu untuk mencoba dan berjuang. Kemenangan ini juga bukan hanya hasil dari usaha pribadi saya, tetapi juga berkat dukungan keluarga, teman, dan guru yang selalu menyemangati," ujarnya.

Ia berharap, kedepannya event ini dapat terus diselenggarakan dengan lebih baik lagi dan menjadi kesempatan bagi peserta untuk belajar dan berkembang. "Jangan biarkan ketakutan menghalangi langkahmu. Setiap langkah kecil adalah langkah menuju impianmu," jelasnya.

Sementara menurut siswi SMAK BPK Penabur Bandar Lampung, Jessica Mursalim mengatakan jika partisipasi dirinya dalam lomba ini adalah pengalaman yang berharga. "Semoga semakin berkembang dan terus menyelenggarakan lomba-lomba yang menginspirasi generasi anak bangsa Indonesia," pungkasnya.

 

Olimpiade Nasional Sumpah Pemuda 2024 menjadi solusi para pelajar di Indonesia untuk meningkatkan portofolio mereka. Kompetisi ini juga dapat menunjang prestasi akademik para pelajar ketika mendaftarkan diri ke sekolah ataupun universitas favorit yang diimpikan.

Selain itu, kompetisi ini menjadi bagian untuk mempersiapkan diri dan meningkatkan kemampuan menuju ke jenjang yang lebih tinggi. Berikut daftar pemenang dari berbagai jenjang dalam kompetisi ONSP 2024.

Daftar Absolute Winner Kompetisi ONSP 2024 : 

Jenjang SD/MI

- Matematika (Melati Sekar Arum Berliana Damayanti/SD Negeri Ploso III174 Surabaya)

- Bahasa Inggris (Alena Fella Kaianna/SD Santa Maria Purwokerto)

- Bahasa Indonesia (Satria Mitra Sukrisna/SD Negeri Kedung Cowek I-253)

- IPA (Vivi Oktaviana/ SD Negeri Sawiji)

- PKN (Mifzali Zahratu Nida/SD Negeri Gemarang 6)

- IPS (Nabhan Zaidan Zhahir/SDN Barokah)

- PAI (Muhammad Ubaidillah/MIM Hadimulyo Timur)

Jenjang SMP/MTS 

- Matematika (Rafa Ramadhan / SMP Negeri 3 Surakarta)

- Bahasa Inggris (Sulthan Maulana Akbar Nasution/SMP Labschool Kebayoran)

- Bahasa Indonesia (Ainun Nur Khofifah/SMP Negeri 8 Makassar)

- Bahasa Arab (Muhammmad Firasz Raviery Harasty Pangi/MTSS Al Matuq)

- Bahasa Mandarin (Catherine Nicole Lesmana/SMP Kristen 1 BPK Penabur)

- IPA (Malika Naufal Setiawan/ SMP Islam Nurul Musthofa Juwiring)

- IPS (Affan Rafie Darmawan / SMP Al Muslim)

- PKN (Bilqis Nayla Amaliya Nabil / SMP Darul Ulum Waru)

- Biologi Terpadu (Wishflash Bara Yel Sinaga/SMP Negeri 1 Laguboti)

- Kedokteran Dasar (Ulfah Dwi Hafizah / SMP Negeri 5 Pangkalpinang)

- Fisika Terpadu (Anindya Kirana Diwasasri / SMP Negeri 1 Surabaya)

- Geografi (Vanessa / SMP Nasional Sariputra Jambi)

- Sejarah (Yohana Flourida Angelicha / SMP Negeri 81 Jakarta)

- PAI (Muhammad Imam Pratama / MTSN 6 Jakarta)

- Informatika (Princessa Airazhiva Baktiyar / SMP Al Falah Darussalam)

Jenjang SMA/SMK

- Matematika (Made Satya Kinanta/ SMAN 3 Denpasar)

- Bahasa Inggris (Jessica Mursalim/SMAS BPK Penabur)

- Bahasa Arab (Ach. Royhan Imami/MAS Tahfidh Annuqayah)

- Bahasa Mandarin (Muhamad Ilham/SMKS Bina Putra Mandiri)  

- Bahasa Indonesia (Najwa Nayla Khairani/SMAN 2 Bogor)

- Geografi (Stefani Anastasya Simbolon/SMAS Santo Thomas 2 Medan)

- Sosiologi (Fajar Ayu Mustikoretno / SMAN 1 Gedeg)

- Kedokteran (Darvesh Aqilla Ajie Alsiddiq/SMAS Global Islamic School)  

- Fisika (Anggun Yusepa Putri/SMA Negeri 4 Simpang Hilir)

- Kimia (Tufaelah Ramadani M/SMAN 68 Jakarta)

- Biologi (Nafisya Azmira/SMK Telkom 2 Medan)

- Sejarah (Farhan Syafiq / MAS Ruhul Islam Anak Bangsa)

- Ekonomi (Kaifa Sopiana/SMAN 1 Sukabumi)

- Informatika (Ekaanjaruri02@gmail.com / SMAN 66 Jakarta)

- PKN (Muhamad Ilham / SMKS Bina Putra Mandiri)

 

Topik Menarik