Daftar Pemenang Olimpiade Pelajar Nasional, Ini Pengumuman Juara OPN 2024

Daftar Pemenang Olimpiade Pelajar Nasional, Ini Pengumuman Juara OPN 2024

Terkini | purwokerto.inews.id | Senin, 23 September 2024 - 19:30
share

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id -Olimpiade Pelajar Nasional (OPN) 2024 telah dilaksanakan secara online melalui website cbt.pusatprestasi.id pada Minggu, (15/9) lalu. Kompetisi OPN 2024 yang digelar oleh Yapresindo ini bertujuan untuk menyediakan wahana bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan minat dan bakat pada bidang sains dan teknologi.

"Mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk jenjang pendidikan selanjutnya, lalu mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk bersaing pada ajang OSN dari Pusat Prestasi Nasional. Selain itu untuk jenjang Perguruan Tinggi juga bisa mengikutinya," kata Alumni Medalis Olimpiade Astronomi Internasional di Korea Selatan, Rizki Wahyu P dalam keterangannya, Senin (23/9/2024).

Menurut Rizki, hasil dari Olimpiade Pelajar Nasional 2024 telah diumumkan pada hari Selasa, 17 September 2024 pukul 13.00 WIB.

"Pengumuman dapat dilihat pada akun cbt masing-masing peserta. Caranya dengan login ke website cbt.pusatprestasi.id lalu klik icon pengumuman atau pengeras suara pada bidang OPN 2024. Pengumuman juga bisa diunduh di bit.ly/HASILOPN2024," kata Rizki.

Pada kesempatan ini Rizki juga mengucapkan selamat bagi para peserta yang telah menjadi pemenang pada ajang kompetisi OPN 2024.

"Yapresindo dan panitia mengucapkan selamat, turut senang juga bangga kepada para pemenang atas pencapaiannya yang luar biasa di Olimpiade Pelajar Nasional 2024. Bagi yang belum menjadi pemenang di kompetisi OPN 2024, jangan patah semangat. Masih ada jalur prestasi dikompetisi Yapresindo selanjutnya yang sudah menanti. Jadi tetap belajar dan semangat selalu untuk para pelajar Indonesia," jelasnya.

Kompetisi OPN 2024 ini sendiri diikuti oleh sejumlah pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia. Mereka saling berkompetisi mengasah kemampuannya mengikuti Olimpiade Pelajar Nasional 2024.

Menurut Anzani Silvanya, siswi SD Negeri 28 Kota Jambi mengungkapkan kesannya mengikuti event OPN yang menjadi pengalaman yang sangat berharga. Terlebih olimpaide dari Yapresindo ini menurutnya sangat mengedukasi dan membuka wawasan dirinya dan banyak peserta lain yang datang dengan semangat yang tinggi. Selain itu Olimpiade Pelajar Nasional ini juga menciptakan suasana kompetisi yang sehat dan menantang.

"Untuk kalian yang ingin ikut olimpiade di Yapresindo, persiapkan diri dengan baik, baik secara mental maupun pengetahuan. Jangan takut untuk bertanya dan belajar. Event ini bukan hanya soal kemenangan, tetapi juga tentang belajar dan mengembangkan diri," ujarnya.

Siswi lainnya dari SMPN 1 Minggir, Desy Nur Fitriani mengatakan jika saat mengikuti OPN ini, dirinya sangat senang, karena dengan mengikuti even ini ia dapat melatih dan mengasah skill kemampuannya sehingga dapat berkembang. "Pesan saya adalah semoga Yapresindo menjadi lembaga yang dapat menghasilkan generasi berprestasi lebih banyak lagi," ucapnya.

Peserta Olimpiade Pelajar Nasional 2024 lainnya, Ika Zahrah Amatullah Firdaus dari SMA Negeri 2 Kota Pasuruan mengatakan jika dirinya sangat bersyukur dan bangga bisa menjadi peserta dari lomba OPN 2024 yang diselenggarakan oleh Yapresindo ini. Pengalaman ini tidak hanya menambah wawasan dirinya tentang fisika, bahasa Inggris, dan matematika saja, akan tetapi juga melatih kemampuan berpikir kritis dan analitis.

"Setiap tantangan yang diberikan pada soal waktu itu benar-benar menguji pemahaman dan kemampuan saya dalam menyelesaikan masalah, walaupun sebagian materi masih belum saya pelajari, akan tetapi setelah h-7 lomba saya pelajarin materi-materi itu, akhirnya saya bisa menjawabnya, walaupun sempat lupa rumus dalam mengerjakannya," ujarnya.

Ika juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mengadakan lomba ini dengan sangat baik. Khususnya kepada Yapresindo sebagai penyelenggara. "Saya ingin mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam. Keberhasilan lomba ini tidak lepas dari dedikasi dan komitmen Yapresindo dalam memfasilitasi dan menyelenggarakan acara yang luar biasa ini," jelasnya.

 

"Saya berharap Yapresindo terus berkomitmen dalam menyelenggarakan lomba-lomba serupa di masa depan. semoga ke depannya, lomba-lomba seperti ini dapat semakin banyak diikuti oleh pelajar, serta terus menginspirasi dan memotivasi untuk mencintai ilmu pengetahuan. Terima kasih atas segala usaha dan kerja kerasnya, semangat terus," pungkas Ika.

Olimpiade Pelajar Nasional 2024 menjadi solusi para pelajar di Indonesia untuk meningkatkan portofolio mereka. Kompetisi ini juga dapat menunjang prestasi akademik para pelajar ketika mendaftarkan diri ke sekolah ataupun Universitas favorit yang diimpikan.

Selain itu, kompetisi ini menjadi bagian untuk mempersiapkan diri dan meningkatkan kemampuan menuju ke jenjang yang lebih tinggi. Berikut daftar pemenang dari berbagai jenjang dalam kompetisi OPN 2024.

Daftar Absolute Winner Kompetisi OPN 2024 : 

Jenjang SD/MI

- Matematika (Veshin Ardila Feronika/ SD N Kedung Rejo 01)

- Bahasa Inggris (Arkansa Rayyan Anwar/ SD Tunas Metropolitan)

- Bahasa Indonesia (Rasyiid Adhyastha Ardhy/ SD Al Masoem Full Day)

- IPA (Anzani Silvanya/ SD Negeri 028IV Jambi)

- IPS (Muhammad Alfatih Subekti/ SD Muhammadiyah 4 Surabaya)

- PAI (Aisyah/ SDS IT Fajar Illahi 2)

- PKN (Muhammad Ikhsan Firdaus/ SD Negeri Baratajaya)

Jenjang SMP/MTS 

- Matematika (Leticia Abigail Faustine/ SMP Santo Aloysius 2)

- Bahasa Inggris (Calista Fina Ichasya/ SMP Islam Al-Azhar 19 Cibubur)

- Bahasa Indonesia (Charrisa Xaviera Marthing/ SMP K Penabur Kotawisata)

- IPA (Nayla Putri Rully/ SMP Negeri 40 Palembang)

- IPS (Anisa Arbania Sholihah/ SMP Negeri 1 Minggir)

- PKN (Muhammad Reza/ SMP Negeri 3 Batu Ampar)

- Biologi Terpadu (Desy Nur Fitriani/ SMP Negeri 1 Minggir)

- Fisika Terpadu (Yurisa Amelya/ MTSN 7 Malang)

- Bahasa Arab (Az Zikrullah Khalid Al Mughniy/ SMP Integral Minhajuth Thullab Way Jepara)

- Bahasa Mandarin (Nyssa Trixie Dominica/ Sekolah Sinar Harapan)

- Geografi (Az Zikrullah Khalid Al Mughniy/ SMP Integral Minhajuth Thullab Way Jepara)

- Informatika (Desti Dwi Aryani/ SMP Negeri 10 Purworejo)

- Kedokteran Dasar (Aldo Dananta/ SMP Negeri 5 Bojonegoro)

- PAI (Nadiatun Nufus/ SMP Negeri 1 Wih Pesam)

- Sejarah (Desti Dwi Aryani/ SMP Negeri 10 Purworejo)

Jenjang SMA/SMK

- Matematika (Chaesiaoly Anggraeni Tahary/ SMAN 112 Jakarta)

- Bahasa Inggris (Rain Safikul Kholqi/ SMAN 13 Tangerang)

- Bahasa Indonesia (Bagus Eko Julianto/ SMK ANKES Tunas Harapan)

- Bahasa Arab (Muhammad Hafiz Alghifari/ MAN 13 Jakarta)

- Bahasa Mandarin (Diah Fajar Ayu/ SMK Kemala Bhayangkari 1 Waru)

- Fisika (Ika Zahrah Amatullah Firdaus/ SMA Negeri 2 Pasuruan)

- Kimia (Muhammad Faza Rizkiandra/ SMAN 53 Jakarta)

- Biologi (Jessica Bilbina Mofu/ Al Lathif)

- Sejarah (Sayyidah Nur Taqiyyah/ SMA IT Iqra)

- Geografi (Elang Satriawan/ SMAS Global Islamic School)

- Ekonomi (Raihanah Amanda Burman/ SMA Labschool Kebayoran)

- Sosiologi (Lollykasturi/ SMA Islam Al Amalul Khoir)

- Informatika (Erlando Doclass Pratama/ SMAN 81 Jakarta)

- PKN (Syasqia Muzaffiro/ SMAS Kartika Wijaya)

- Kedokteran (Lutfianti/ SMA Negeri 3 Lasalimu)

 

Topik Menarik