Hadir di Asosiasi Pesilat Nusantara, Cawagub Jabar Ilham Habibie Terima Gelar Budayawan Sunda

Hadir di Asosiasi Pesilat Nusantara, Cawagub Jabar Ilham Habibie Terima Gelar Budayawan Sunda

Terkini | purwakarta.inews.id | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 21:40
share

PURWAKARTA, iNewsPurwakarta.id - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ilham Habibie mendatangi lokasi Asosiasi Pesilat Nusantara (APN) CUP di Bungursari Lake Park, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta Sabtu (5/10/2024) sore.

Kedatangan putra presiden RI ketiga itu disambut ratusan atlet pencak silat asal Jawa Barat. 

Adapun kedatangan cawagub yang berpasangan dengan cagub Ahmad Syaikhu itu untuk menyaksikan kejuaraan pencak silat yang diikuti ribuan atlet pencak silat asal jawa barat tersebut.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Ilham Habibie juga menerima gelar 'Budayawan Sunda' dari Ramlan Samsuri atau biasa dipanggil Kakang Prabu

Ilham Habibie menyampaikan rasa terimakasihnya atas gelar 'Budayawan Sunda' yang telah ia terima.

 

"Saya kira bagaimana pun budaya itu sangat penting, karena kita sebagai manusia tidak hidup dalam ruang kosong, budaya itu sudah terbentuk sejak lama," ucap Ilham Habibie.

Dirinya mengatakan bahwa budaya itu layaknya agama dan teknologi yang bisa masyarakat terima atas perbedaannya.

"Setiap daerah memiliki budaya yang berbeda-beda. Dalam prakteknya, bila kita muslim, pasti penerapannya di tiap daerah akan berbeda ilmunya, kemudian juga teknologi, di negara lain itu berbeda dengan kita, karena itu bisa disebut dengan kearifan lokal," ujarnya.

Di Jawa Barat, ia mengatakan bahwa budaya Sunda menjadi yang paling dominan. Dengan demikian, lanjut dia, budaya tersebut perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Mengimplementasikan budaya Sunda pada kehidupan sehari-hari saya pikir itu penting sekali. Dengan begitu, kita bisa menjaga budaya tersebut untuk masa depan yang lebih baik," kata Ilham Habibie.

 

Sementata itu, Kakang Prabu yang merupakan bagian dari Dinasti Kaluhuran Galuh Pakuan Padjadjaran (KGPP) menilai Ilham Habibie merupakan sosok yang bisa memperjuangkan masyarakat Jawa Barat untuk menjadi sejahtera.

"Kami merestui dengan perjuangan beliau untuk memperjuangkan masyarakat Jawa Barat untuk jadi sejahtera tetapi tidak lupa akan agama dan budaya," katanya.

Kakang Prabu mengatakan, Ilham Habibie diharapkan bisa menjalani konsep agama dan budaya yang bisa berkalobarasi, bersinergi dan sauyunan dengan sifat Asah, Asih, Asuh yang merupakan bagian dari filosofi orang Sunda.***

 

Topik Menarik