KPU Pemalang Mulai Sortor Lipat Surat Suara

KPU Pemalang Mulai Sortor Lipat Surat Suara

Terkini | pantura.inews.id | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 11:10
share

 

Pemalang, inewsPantura.id
Sabtu, 25/10/2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang mulai melakukan kegiatan sortir lipat untuk jenis surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pemalang 2024. Kegiatan sortir lipat berlangsung di gudang logistik KPU Jalan Kolonel Sugiono Kecamatan Taman.

"Sortir lipat ini baru untuk satu jenis surat suara yakni pemilihan bupati dan wakil bupati. Surat suara jenis pemilihan gubernur dan wakil gubernur belum dilakukan," ujar Agus Setiyanto, Ketua KPU Kabupaten Pemalang, saat mengawasi kegiatan sortir lipat, Sabtu 26 Oktober 2024.

Agus mengatakan kegiatan sortir lipat kali ini melibatkan 350 orang. Mereka dibagi dalam 35 kelompok. KPU menargetkan dalam dua hari surat suara jenis Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pemalang 2024 yang berjumlah 1.174.448 lembar sudah tersortir dan dilipat. 

Jajaran KPU Kabupaten Pemalang menerjunkan tim pengawas khusus dalam kegiatan ini. Mereka berkeliling memastikan petugas sortir lipat bekerja dengan benar dan serius. Jangan sampai ada surat suara rusak lolos dari sortiran.

"Kalau ditemukan ada surat suara robek, berlubang, atau warna pudar langsung kami pisahkan," ujar Agus.

Setelah disortir dan dilipat, surat suara tersebut kemudian diikat menggunakan karet gelang. Setiap ikatan terdiri dari 20 surat suara. 

Sebagai informasi surat suara jenis Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pemalang 2024 baru tiba di Pemalang pada Kamis 24 Oktober 2024 pukul 21.45 WIB. Jenis surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pemalang 2024 dicetak di  CV ARYA DUTA Cibinong Bogor Jawa Barat.

Untuk jenis surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024 sendiri baru dijadwalkan tiba di Pemalang pada 28 Oktober 2024. Surat suara tersebut masih proses cetak di Bandung Jawa Barat.

Topik Menarik