Pameran Jejamuan Art Project, Melestarikan Jamu Lewat Seni

Pameran Jejamuan Art Project, Melestarikan Jamu Lewat Seni

Terkini | pantura.inews.id | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 15:30
share
Bantul, Panuira.inews,id - Pameran Seni Jejamuan Art Project (JAP) resmi dibuka. Pameran yang diselenggarakan di The Ratan Art Space, Panggungharjo, Sewon, Bantul tersebut memamerkan sekitar 23 hasil karya seni seniman muda bertema jamu. Berbagai karya seni ditampilkan dalam pameran ini, mulai dari seni lukisan, seni media campuran, seni instalasi, batik lukis, seni pertunjukan, seni digital, dan sebagainya. Pameran ini merupakan lanjutan dari pasca kegiatan Sambang Jejamuan di Kampung Jamu Gesikan, Sleman yang telah dilakukan selama dua hari pada bulan September 2024 lalu.
M Yusril Mirza, Kurator Pameran Jejamuan Art Project menjelaskan bahwa beragam karya seni yang ditampilkan merupakan hasil proses temui, kenali, ekspresi selama di Kampung Jamu.
“Sebelum menghasilkan karya seni, para seniman muda kami ajak ke Kampung Jamu untuk berinteraksi langsung dengan perajin jamu dan merasakan suasana perkampungan jamu. Dengan harapan, para seniman muda tidak hanya membuat karya sesuai tema saja, tapi juga benar-benar memahami wawasan dan pengetahuan tentang jamu,” katanya dihubungi Sabtu 19 oktober 2024.
Dengan demikian nantinya akan menghasilkan karya seni yang penuh makna dengan budaya jamu. Kemudian ini juga demi menambah referensi kepada para seniman muda agar bisa menghasilkan berbagai jenis karya, selayaknya hidangan Jejamuan beranekaragam.
Sementara Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X, Manggar Sari Ayuati mengatakan bahwa jamu merupakan warisan nenek moyang dan Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO yang perlu kita jaga keberadaannya.
“Seperti yang pesan yang ingin ditampilkan dalam Pameran Jejamuan Art Project ini, bahwa dalam upaya pemajuan kebudayaan kita bisa mengemas berbagai warisan budaya menjadi bentuk yang berbeda tanpa meninggalkan esensinya, seperti jamu sebagai minuman kesehatan menjadi bentuk seni. Harapannya dengan adanya upaya pemajuan kebudayaan seperti ini, maka akan muncul lagi upaya kreatif serupa yang dapat dilakukan oleh berbagai pihak” ungkapnya.
Pameran Jejamuan Art Project terbuka untuk umum dan gratis dari tanggal 17 hingga 22 Oktober 2024. Pameran ini berhasil terselenggara atas dukungan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X melalui program Fasilitasi Pemajuan Kebudayaan (FPK). Serta bekerja sama dengan Komunitas
Omah Jamu Gesikan dan Pinihan Agro Indonesia.
Salah satu seniman muda, Surti Syafiurahmi memberikan kesannya terhadap Pameran Jejamuan Art Project. Baginya pameran ini menjadi sarana belajar dan mengenal banyak teman baru sesama seniman.
“Umumnya, agenda pameran hanya sekadar menyerahkan karya dan menjemputnya kembali pulang. Sehingga cukup sulit terutama bagi seniman yang baru untuk membangun relasi. Akan tetapi, Jejamuan Art Project memungkinkan kami untuk berelasi dan berkolaborasi dalam suasana yang hangat. Agenda ini juga memungkinkan kami sebagai seniman untuk melihat langsung bagaimana proses segelas jamu yang biasa dikonsumsi itu dibuat dan lika-liku kehidupan warga kampung jamu. Dengan terjun langsung, para seniman dapat melakukan perenungan lebih dalam dan mewujudkannya dalam karyanya” ujarnya.

Topik Menarik