Naik Xiaomi SU7, Bos Besar Ford Jatuh Cinta dengan Mobil China

Naik Xiaomi SU7, Bos Besar Ford Jatuh Cinta dengan Mobil China

Otomotif | sindonews | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 05:55
share

Meski ada yang meremehkan kemampuan EV buatan China, CEO Ford Jim Farley sangat menyukai Xiaomi SU7 miliknya.

BACA JUGA - Bos Xiaomi Beberkan Spesifikasi Ponsel Xiaomi Mi 10i 5G

Dia telah mengendarainya selama tujuh bulan dan masih bersemangat mengendarainya. Mungkinkah karena belum ada pabrikan asal AS yang memproduksi EV sebanding dengannya?

Farley dalam wawancara dengan Everything Electric Show menjelaskan tentang dua kunjungannya ke China dalam dua tahun. Ia antusias dengan produk besutan Xiaomi karena di Barat, produsen ponsel tersebut tidak memiliki divisi produksi mobil.

Namun di China, Xiaomi dan Huawei, dua produsen ponsel pintar terbesar, memiliki produk di hampir semua mobil yang diproduksi di sana.

Xiaomi adalah salah satu produsen ponsel dan skuter listrik terbesar. Mereka telah memperkenalkan mobil penumpang pertamanya, SU7 pada akhir tahun 2023. Seluruh unit yang diproduksi pada tahun 2024 terjual habis dalam waktu 24 jam. Kalau mau beli sekarang harus menunggu hingga enam bulan.

Xiaomi adalah raksasa industri dalam produksi produk konsumen yang lebih berpengaruh dibandingkan kebanyakan produsen mobil, tambah Farley.

Ia tidak tertarik membicarakan persaingan meski ia sendiri yang mengendarai Xiaomi. Pesawat itu diterbangkan khusus dari Shanghai dan Farley mengendarainya setiap hari.

Hal ini jelas menunjukkan seberapa jauh tertinggalnya pabrikan dari Barat dibandingkan dengan perkembangan teknis kendaraan listrik China.

InsideEV sebelumnya telah melaporkan bagaimana merek China telah mengungguli pabrikan AS selama beberapa tahun dalam hal harga, teknologi baterai, integrasi perangkat lunak, pengisian daya, dan jangkauan pengoperasian.

Tentu saja, warga AS tidak memiliki kesempatan untuk merasakan kemajuan kendaraan listrik China karena tingginya tarif yang dikenakan pada kendaraan listrik dari China.

Mereka benar-benar khawatir bahwa dumping kendaraan listrik Tiongkok akan mendominasi pasar dengan harga lebih rendah dan teknologi maju.

Farley sendiri pernah menggambarkan produsen mobil asal China sebagai ancaman dan buktinya jelas ketika ia sendiri sudah jatuh hati pada SU7 milik Xiaomi. Anda tahu saja bahwa China saat ini tidak sama dengan China sebelumnya.

Topik Menarik