Maung Garuda Prabowo Dibuat Pindad Kebal Peluru, Mobil Bisa Jalan walau Ban Bocor 

Maung Garuda Prabowo Dibuat Pindad Kebal Peluru, Mobil Bisa Jalan walau Ban Bocor 

Otomotif | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 18:43
share

JAKARTA, iNews.id - Publik dihebohkan dengan kehadiran mobil sport utility vehicle (SUV) warna putih MV3 Garuda Limousine yang digunakan Prabowo Subianto usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024 -2029 di Gedung MPR/DPR RI Minggu (20/10/2024). MP3 Garuda atau orang menyebutnya Maung Garuda merupakan kendaraan produksi dalam negeri PT Pindad.

Mobil ini merupakan varian pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain dan dikembangkan untuk mengakomodir secara langsung arahan dari Presiden Prabowo Subianto. Terwujudnya kendaraan Garuda Limousine Kepresidenan tersebut menunjukkan kemandirian bangsa Indonesia. 

Presiden Prabowo percaya Garuda Limousine kepresidenan buatan dalam negeri ini menunjukkan upaya keras PT Pindad dalam mewujudkan kemandirian bangsa Indonesia. 

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose mengaku bangga atas penggunaan MV3 Garuda Limousine di momentum bersejarah sebagai kendaraan orang nomor satu di Indonesia. Dia menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Prabowo Subianto karena mendorong kemajuan industri pertahanan dalam negeri. 

“Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya Presiden RI Bapak Prabowo Subianto yang tiada henti memberi kepercayaan, men-challenge dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya, ujarnya dalam keterangan pers Minggu (20/10/2024). 

"Selamat atas pelantikan Bapak Presiden beserta Wakil Presiden RI, selamat bertugas dan semoga sukses selalu dalam mengemban amanah rakyat Indonesia,” ujar Abraham Mose. 

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit P Santosa mengungkapkan peran penting keterlibatan Presiden di balik MV3 Garuda limousine dan dalam mendorong kemandirian industri nasional di bidang otomotif sebagai upaya maksimal dalam mewujudkan pengembangan kendaraan taktis militer dan kendaraan sipil secara utuh, mulai dari desain konsep sampai produksi massal. 

"Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas bangsa Indonesia yang kental, dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang di dalamnya," kata Sigit.

"Seperti halnya kendaraan MV3 Maung, Presiden Prabowo Subianto memiliki peran penting dalam mengungkapkan ide-ide inovatif, identitas bangsa, dan masukan terhadap kendaraan MV3 Garuda Limousine. Tim enjiniring kami beserta seluruh insan Pindad berupaya keras untuk mewujudkannya, alhamdulillah hari ini produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden RI,” ujarnya.

MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan presiden dan wakil presiden. Kendaraan berwarna putih dengan tampilan ekslusif dan maskulin ini memiliki tingkat keamanan tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir. 

Garuda memiliki bobot 2,95 ton, dimensi panjang sekitar 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m serta desain long wheelbase yang nyaman dan lega. Kendaraan ini memiliki daya mesin 202 PS/199 HP, transmisi AT dengan 8 percepatan, dan memiliki kecepatan maksimum 100 Km/jam. 

Portofolio produsen alpalhankam, Pindad menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama dengan dibekali fitur keamanan seluruh area kendaraan meliputi body dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kal 7,62 x 51 mm NATO ball & kal. 5,56 x 45 mm M193, kaca antipeluru level B5/B6. Mobil ini dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan. 

Dari sisi eksterior, MV3 Garuda Limousine dilengkapi automatic footstep di bagian samping kendaraan untuk memudahkan pijakan keluar masuk kendaraan. Logo Garuda melambangkan kekuatan dan gerak dinamis dengan kepak sayapnya yang mengembang menjadi simbol di berbagai bagian kendaraan, terpampang mulai dari bagian grille hingga velg kendaraan yang tetap terlihat meskipun roda kendaraan sedang bergerak.

Motif grille terinspirasi dari batik parang yang menggambarkan kearifan lokal sekaligus sebagai salah satu identitas bangsa. Di bagian belakang, dual exhaust diterapkan untuk meningkatkan performa kendaraan. 

Interior premium menggunakan material wood finish accents, dilengkapi kursi penumpang captain seat dengan pengaturan elektrik disertai leg rest serta limo touch control panel. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan Head Unit 12 inci, kamera 360°, LED smart TV, cooled storage, dan portable WiFi. 

Usai pelantikan, Presiden dan Wakil Presiden RI menggunakan MV3 Garuda Limousine pada iring-iringan kendaraan untuk menyapa masyarakat di sepanjang perjalanan dari Gedung parlemen ke Istana Negara.

Topik Menarik