Intip Mobil SUV Putih Antipeluru Garuda, Dirancang Khusus untuk Presiden Prabowo Subianto 

Intip Mobil SUV Putih Antipeluru Garuda, Dirancang Khusus untuk Presiden Prabowo Subianto 

Otomotif | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 15:36
share

JAKARTA, iNews.id - Bukan Alphard atau Mercy, Prabowo Subianto menggunakan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) berwarna putih dengan pelat nomor Indonesia 1 usai dilantik sebagai Presiden RI ke-8 di Gedung MPR/DPR. Mobil yang digunakan adalah buatan PT Pindad, MP3 Garuda atau Maung Garuda. 

Mobil tersebut dikendarai Prabowo menuju Istana Negara dan mengantarkan Presiden RI Ke-7 Joko Widodo (Jokowi) ke Halim Perdana Kusuma yang akan pulang ke Solo, Jawa Tengah. 

Diketahui, Prabowo awalnya datang menggunakan mobil Toyota Alphard dengan pelat Kemenhan. Prabowo meninggalkan Kompleks Parlemen dengan mobil SUV putih berpelat Indonesia 1.

Acara pelantikan Prabowo-Gibran yang berlangsung di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/10/2014). Prabowo-Gibran kemudian menjamu utusan negara sahabat.

Pelat Indonesia 1 awalnya dipakai mobil kepresidenan sedan Mercedes-Benz hitam yang ditumpangi Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi) saat tiba di Gedung MPR. Ketika meninggalkan lokasi, Jokowi memakai mobil Toyota Alphard hitam dengan pelat B 1339 ZZR.

Pelat Indonesia 1 kemudian digunakan pada mobil SUV Maung Garuda berwarna putih yang ditumpangi Prabowo menuju Istana Negara, Jakarta Pusat, dan mengantarkan Joko Widodo ke Halim Perdana Kusuma.

Sepanjang perjalanan menuju Istana, Prabowo menyapa warga melalui sunroof. Sementara pada saat digunakan ke Bandara Halim, giliran Jokowi menyapa warga di jalan berpamitan.

Berdasarkan keterangan PT Pindad di unggahan Instagram resminya, mobil ini adalah MV3 Garuda Limousine. Mobil tersebut merupakan pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain khusus untuk mengakomodir secara langsung arahan Prabowo.

Perusahaan mengungkap mobil ini dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan presiden dan wakil presiden. Pindad mengklaim mobil berkelir putih dengan tampilan eksklusif dan maskulin ini memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir.

MV Garuda memiliki bobot 2,95 ton dengan dimensi panjang 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dqn tinggi 1,87 meter. Dari sisi eksterior, Garuda dilengkapi automatic footstep di bagian samping untuk memudahkan pijakan keluar masuk mobil. 

Logo Garuda melambangkan kekuatan dan gerak dinamis dengan kepak sayapnya yang mengembang menjadi simbol di berbagai bagian kendaraan, terpampang mulai dari bagian grille hingga velg kendaraan yang tetap terlihat meskipun roda kendaraan sedang bergerak.

Bagian grille terinspirasi dari batik parang yang menggambarkan kearifan lokal sekaligus sebagai salah satu identitas bangsa. Di bagian belakang, dual exhaust diterapkan untuk meningkatkan performa kendaraan.

Sementara itu, bagian interior menggunakan material wood finish accents, dilengkapi kursi penumpang captain seat dengan pengaturan elektrik disertai leg rest serta limo touch control panel. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan Head Unit 12 inci, kamera 360°, led smart TV, cooled storage, dan portable WiFi.

Untul performa, mobil SUV ini memiliki tenaga maksimal 199 HP, transmisi otomatis dengan 8 percepatan dan memiliki kecepatan maksimal 100 km/jam.

Mobil ini dibekali fitur keamanan tertinggi. Seluruh area kendaraan meliputi body dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi (antipeluru) kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball & kaliber 5,56 x 45 mm M193, dan kaca antipeluru level B5/B6. Ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Topik Menarik