Tahun Depan, Suzuki Siap Luncurkan 3 Mobil Listrik

Tahun Depan, Suzuki Siap Luncurkan 3 Mobil Listrik

Otomotif | serpong.inews.id | Senin, 23 September 2024 - 07:20
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Maruti Suzuki dikabarkan sedang menyiapkan tiga model mobil listrik atau kendaraan ramah lingkungan yang akan diluncurkan pada 2025.

Dilansir dari Gaadiwaadi, mobil listrik yang sedang disiapkan oleh Maruti Suzuki mencakup segmen SUV, MPV, dan hatchback. Rencananya, seluruh model tersebut akan diluncurkan tahun depan.

Langkah ini sejalan dengan strategi Suzuki untuk memenuhi permintaan kendaraan listrik di India, di tengah semakin banyaknya merek yang telah memasarkan kendaraan listrik dan berhasil mencatat permintaan yang signifikan.

Maruti Suzuki

Model pertama yang disiapkan Maruti Suzuki adalah eVX, yang debut di Auto Expo 2023. Mobil listrik konsep ini juga telah diperkenalkan di GIIAS 2024 pada bulan Juli lalu dan kabarnya akan diluncurkan pada awal 2025.

SUV listrik ini memiliki dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.600 mm. Mobil ini akan bersaing dengan kompetitor seperti Mahindra XUV 400, Hyundai Creta EV, dan Tata Curvv EV di pasar India.

Selanjutnya, Maruti Suzuki akan menghadirkan mobil listrik MPV dengan kode nama YMC. Mobil yang ditujukan bagi keluarga ini diproyeksikan akan debut di pasar India.

 

MPV listrik ini akan dibangun di atas platform yang sama dengan SUV eVX. Diperkirakan, mobil tersebut akan menggunakan baterai berkapasitas 60 kWh, mirip dengan eVX, dan menawarkan daya jelajah lebih dari 500 km dalam sekali pengisian penuh.

Mobil listrik lainnya yang sedang dipersiapkan oleh Maruti Suzuki adalah eWX yang masuk dalam segmen hatchback. Model ini telah diperkenalkan secara global pada akhir 2023 di Japan Mobility Show.

Spekulasi menyebutkan bahwa mobil konsep ini dapat berkembang menjadi kendaraan listrik yang terjangkau untuk pasar India. Diperkirakan, eWX akan bersaing dengan model seperti MG Comet EV dan Tata Tiago EV. (*)

 

 

 

Topik Menarik