Mobil Listrik Neta X Diproduksi di Bekasi, Indonesia Bakal Jadi Basis Ekspor

Mobil Listrik Neta X Diproduksi di Bekasi, Indonesia Bakal Jadi Basis Ekspor

Otomotif | inews | Selasa, 17 September 2024 - 10:51
share

JAKARTA, iNews.id - Mobil listrik Neta X pertama kali diperkenalkan dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. PT Neta Auto Indonesia melaporkan produksi perdana Neta X secara Completely Knocked Down (CKD) di pabrik PT Handal Indonesia Motor, Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. 

Vice President of Overseas Business Neta Auto,  Liu Lei mengatakan, momen bersejarah ini bukan hanya menjadi tonggak penting bagi perjalanan Neta X secara global, melainkan bagi Indonesia sebagai negara pertama di luar China yang mendapatkan kesempatan untuk memproduksi Neta X. 

Ini membuktikan komitmen Neta Auto menyediakan mobil listrik canggih dan berkualitas global dengan sentuhan anak bangsa, yang dapat diakses semua kalangan di Indonesia. Neta X menjadi mobil listrik berikutnya yang diproduksi secara lokal di Tanah Air dan kedua di luar China.

“Kami dapat merealisasikan salah satu komitmen dan rencana strategi kami dalam mengembangkan lini produk pasar mobil listrik di Indonesia dengan meresmikan produksi lokal Netxa X secara CKD. Kami berterima kasih kepada mitra PT Handal Indonesia Motor, yang turut bekerja sama dan mendukung kami dalam perakitan mobil listrik Neta X secara lokal,” ujar Liu Lei dalam keterangan persnya, Selasa (17/9/2024).

Adapun kerja sama yang telah terjalin antara Neta Auto Indonesia dan Handal Indonesia Motor, menjadi langkah awal dalam mengembangkan mobil listrik produksi lokal berkualitas dengan standar Internasional. Tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia, Neta Auto juga berencana menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor untuk Neta X ke berbagai negara lainnya. 

Neta X memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 44 persen, dengan tahap awal kapasitas produksi sebanyak 27.000 unit per tahun. Neta berkomitmen terus meningkatkan kandungan lokal mobil listrik yang diproduksi di Indonesia hingga menghasilkan kerja sama strategis dengan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia untuk penyediaan baterai mobil listrik Neta. Ini bertujuan meningkatkan pengembangan komponen lokal hingga mencapai standar dan persentase TKDN yang lebih tinggi ke depan. 

"Dengan kerja sama antara NETA dan para mitra lokal, kami optimis kolaborasi ini dapat menghasilkan mobil listrik berkualitas terbaik dan dengan komponen lokal yang memenuhi regulasi pemerintah, serta mendorong perkembangan industri komponen dalam negeri," kata Managing Director NETA Auto Indonesia, Peter Zhang.

Dia menyebutkan dengan dimulainya produksi perdana Neta X, Neta Auto Indonesia dapat memenuhi permintaan mobil listrik yang cerdas dan ramah lingkungan untuk jangka panjang. "Ke depan, kami juga berharap pabrik ini dapat menjadi basis produksi untuk mendukung ekspor produk Neta dari Indonesia ke seluruh dunia," ujar Peter Zhang.

Topik Menarik