Viral Truk Kecelakaan akibat Tak Paham Kode Lampu Sein Sopir Bus, Netizen: Jam Terbang Kurang Tinggi

Viral Truk Kecelakaan akibat Tak Paham Kode Lampu Sein Sopir Bus, Netizen: Jam Terbang Kurang Tinggi

Otomotif | inews | Minggu, 25 Agustus 2024 - 11:26
share

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial sebuah truk mengalami kecelakaan saat mengikuti bus saat menyalip sejumlah kendaraan besar lain. Diduga, sopir truk tersebut tak memahami kode lampu sein dari pengemudi bus hingga terjadi kecelakaan

Video yang memperlihatkan kecelakaan tersebut diunggah akun Instagram @romansasopirtruck. Dalam unggahan video singkat itu terlihat detik-detik truk kecil terhimpit dua kendaraan besar karena tidak memiliki ruang yang cukup untuk menghindar.

"Padahal busnya udah kasih kode sein kiri," bunyi keterangan dalam unggahan video tersebut.

Awalnya, truk tersebut membuntuti bus AKAP PO RAPI dengan jarak yang cukup dekat untuk menyalip dua kendaraan besar di depannya. Mobil itu melaju dengan kecepatan cukup tinggi di arah berlawanan agar bisa menyalip dengan cepat.

Setelah menyalip satu kendaraan, bus PO RAPI menyalakan lampu sein kiri tapi sang sopir masih memacu kendaraannya untuk menyalip kendaraan kedua. Ternyata, lampu sein tersebut sebagai kode untuk kendaraan di belakangnya.

Tapi alih-alih mengurangi laju kendaraan dan kembali ke lajur yang sesuai, truk tersebut justru terus mengikuti bus. Setelah bus masuk ke lajur yang sesuai usai menyalip kendaraan kedua, tiba-tiba datang dari arah berlawanan sebuah truk berukuran cukup besar. 

Truk itu pun terserempet kendaraan lain dari lawan arah karena tak memiliki cukup ruang untuk menghindar. Kecelakaan tersebut mengakibatkan bodi samping kedua truk mengalami kerusakan hingga ban bocor.

Melihat video tersebut, warganet menyalahkan pengemudi truk karena tidak memahami kode lampu sein yang sudah diberikan pengemudi bus. Padahal, ada ruang kosong di antara dua kendaraan besar yang disalip saat kode lampu sein dihidupkan.

"Sopirnya mantap... bus di depan sudah kasih sein kiri tetep dimasukin," kata @iqb***.

"Asyik nempel drivernya, sampe gk fokus kode sein dari bus," tulis @ban***.

"Prinsip berkendara warga Lintas Timur: jangan pernah ngekor bus Medan" ujar @inf***.

"Terlepas dr semua itu lagi-lagi driver truk Hino yg baik Hati memberikan jalan untuk Bus Agar Bisa masuk, Bus pun sudah memberikan isyarat sein kiri pertanda Kendaraan Lawan Arah Sudah Dekat Agar Kendaraan Dibelakangnya Segera Masuk Lajur Kiri Dipertengahan Truk, tapi Dc Rupanya Buta Map," ucap @ase***.

"Gak semua orang faham kode sein bus, kalo faham pasti jam terbangnya tinggi juga," kata @rzh***.

Topik Menarik