Menguji Ketangguhan Ban Bridgestone Dueler A/T002, Begini Daya Cengkramnya

Menguji Ketangguhan Ban Bridgestone Dueler A/T002, Begini Daya Cengkramnya

Otomotif | inews | Rabu, 14 Agustus 2024 - 20:30
share

JAKARTA, iNews.id - PT Bridgestone Tire Indonesia mengembangkan ban terbaru Dueler A/T002. Ban ini dibuat khusus untuk mobil SUV (sport utility vehicle) yang digunakan di berbagai medan jalan.

Ban ini pertama kali diperkenalkan ke publik dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Untuk menguji ketangguhan, Bridgestone memberikan kesempatan kepada awak media menjajal ban Dueler A/T002.

Dalam pengujian, ban tersebut dipasang pada empat mobil SUV Toyota Fortuner 2.8 GR Sport. Selain itu, beberapa awak media juga berkesempatan mengujinya pada unit Toyota Hilux GR Sport dan Suzuki Jimny 5-pintu.

Pengujian dilakukan di Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat, dengan trek aspal dan off-road, Rabu (14/8/2024). Proses pengujian juga dilakukan dengan sistem blind test dan mobil dikemudikan oleh safety driving bersertifikat.

Sistem blind test yang dilakukan untuk membuat awak media merasakan perbedaan dari ban terbaru dan model terdahulunya. Masing-masing mobil tersebut dipasang Dueler A/T002 dan A/T697 yang merupakan model terlama.

Jurnalis lebih dulu menjajalnya di trek aspal dengan bagian yang sudah dibasahi. Saat menggunakan unit Dueler A/T002, roda tetap stabil meski fitur TRC (Traction Control) telah dinon-aktifkan.

Saat melintasi trek untuk menguji tingkat kebisingan, ban tersebut juga terasa sangat senyap, sehingga lebih nyaman. Berbeda dengan ban Dueler A/T697 yang mengeluarkan suara berdengung.

Event ini menjadi kesempatan bagi para jurnalis untuk merasakan langsung performa ban terbaru kami, Dueler A/T002. Terutama dari sisi performa lebih baik pada lintasan basah dan kering, pengereman optimal di lintasan basah, dan penekanan tingkat kebisingan yang lebih baik, ujar Presiden Director Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno.

Secara spesifikasi, Dueler A/T002 hadir dengan desain tapak hexagonal inovatif, sehingga mampu menghasilkan traksi dan pengereman optimal di berbagai kondisi permukaan jalan. Selain itu, didukung desain shoulder dan sidewall yang mampu memberikan traksi baik pada kondisi berlumpur maupun berkerikil.

Ban ini juga memiliki peningkatan skid depth sehingga meningkatkan jarak tempuh pemakaian tanpa mengorbankan rolling resistance berkat kandungan karet alam yang lebih tinggi. Bahkan, hasil tes internal untuk Dueler A/T002 memiliki umur pakai 35 persen lebih panjang dibandingkan produk pendahulunya.

Topik Menarik