7 Fakta Menarik Vespa Klasik, Dirancang Insinyur Pesawat Terbang

7 Fakta Menarik Vespa Klasik, Dirancang Insinyur Pesawat Terbang

Otomotif | inews | Selasa, 13 Agustus 2024 - 06:47
share

JAKARTA, iNews.id - 7 fakta menarik Vespa klasik yang saat ini popularitasnya kembali meningkat seiring tingginya minat anak muda terhadap skuter Italia tersebut. Desainnya yang timeless menjadikan Vespa digemari oleh lintas generasi.

Tak heran, harga Vespa lawas melambung tinggi seperti harta karun. Banyak kolektor yang memburu skuter ini hingga ke daerah-daerah.

Di sisi lain, Vespa yang identik dengan gaya retro diminati anak muda. Apalagi dengan berbagai kolaborasi terbaru yang membuat Vespa jadi lebih modern dan terkini.

Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber berikut 7 fakta menarik Vespa klasik.

7 fakta menarik Vespa klasik

1. Populer di Dunia

Selama puluhan tahun, Vespa menjadi salah satu kendaraan roda dua paling populer di dunia. Jutaan unit telah terjual melampaui berbagai jenis maupun merek kendaraan lain.

2. Banyak Ditiru

Keunikan bentuknya menjadikan skuter ini paling sering ditiru brand lain. Hampir semua brand kendaraan pernah merilis produk dengan bentuk serupa.

Bahkan, polisi Italia pada 2013 pernah menyita 11 mesin dari tujuh pabrikan China yang menampilkan produknya di pameran, berdampingan dengan Piaggio. Sampai saat ini banyak motor listrik China yang memiliki desain mirip Vespa.

3. Perang Dunia

Piaggio, perusahaan yang memproduksi Vespa aslinya merupakan manufaktur kapal, kereta api, dan pesawat terbang di awal abad ke-19. Selama Perang Dunia 2, pabriknya rusak parah akibat dibom sekutu sehingga beralih ke bisnis ke skala lebih kecil.

Saat itu, perekonomian Italia memburuk pascaperang sehingga membutuhkan transportasi murah. Mereka kemudian membuat The Cushman Model 53, sepeda motor kokoh dan ringan dengan roda kecil, yang dirancang untuk diterjunkan ke zona perang selama perang dunia.

4. Didesain Insinyur Pesawat

Moto pertama Vespa dirancang Corradino D'Ascanio, insinyur jenius yang kerap merancang pesawat terbang. Uniknya, ilmuwan ini dikenal sebagai orang yang benci sepeda motor konvensional karena dianggap besar dan kotor.

Sebab itu, dia membuat motor berbeda. Dia memindahkan persneling ke setang, sehingga perempuan bisa mengendarainya meskipun mengenakan rok. Mesin disembunyikan untuk menjaga pakaian pengendara tetap bersih dari oli.

5. Nama Vespa Nyaris Dipakai Brand Lain

Nama Vespa nyaris dipakai perusahaan sepeda motor lain asal Italia, MV Agusta. Perusahaan tersebut awalnya ingin memakai nama tersebut untuk motor perdananya. Namun, Piaggio telah mendaftarkan nama Vespa sebagai hak paten mereka lebih dulu.

6. Koleksi artis

Banyak artis Indonesia yang mengoleksi Vespa, baik model terbatas maupun Vespa klasik. Ini menjadi tren di antara kaum selebriti sehingga popularitasnya melambung.

Namun, jauh sebelumnya skuter ini mendunia terpengaruh film Hollywood. Kendaraan ini bahkan disebut sebagai salah satu product placement perdana di dunia perfilman. Di era 1960-1970-an Vespa kerap tampil dalam berbagai adegan film.

7. Vespa Klasik Ikonik

Dari berbagai seri yang diproduksi sepanjang sejarah, terdapat beberapa jenis Vespa klasik yang menjadi favorit kolektor dan penggemar sepeda motor. Ini membuat harganya melambung.

GS Series

Seri GS adalah salah satu yang paling legendaris dalam sejarah Vespa. Diluncurkan pada 1955, GS Series menjadi populer karena kecepatan dan keandalannya. Gaya yang sporty dan performa yang tangguh, GS Series menjadi favorit di kalangan penggemar sepeda motor klasik.

Vespa 180 SS

Vespa 180 SS adalah salah satu model Vespa yang paling langka dan bernilai tinggi di pasar kolektor. Diluncurkan pada 1965, model ini menjadi favorit di kalangan penggemar Vespa klasik yang menghargai keunikan.

Excel 150

Excel 150 adalah salah satu model Vespa yang paling dicari oleh kolektor. Diluncurkan pada 1968, Excel 150 menampilkan desain elegan dan performa tinggi. Model ini menjadi favorit di kalangan penggemar Vespa klasik di seluruh dunia.

Primavera 125

Primavera 125 adalah salah satu model Vespa yang paling populer sepanjang sejarahnya. Diluncurkan pada 1968, Primavera 125 menampilkan desain yang ramping dan elegan. Model ini menjadi favorit di kalangan penggemar Vespa klasik yang menghargai gaya dan kenyamanan.

Sprint 150 Veloce

Sprint 150 Veloce adalah salah satu model Vespa paling ikonik dan dicari kolektor. Diluncurkan pada 1969, Sprint 150 Veloce menampilkan desain sporty dan performa tangguh.

Vespa Rally 200

Vespa Rally 200 adalah salah satu model Vespa paling dicari dan dihargai kolektor. Diluncurkan pada 1972, Vespa Rally 200 menjadi favorit di kalangan penggemar Vespa klasik yang menginginkan kombinasi antara gaya dan kecepatan.

PX Series

Seri PX adalah salah satu yang paling terkenal dan ikonik dalam sejarah Vespa. Diluncurkan pada 1977, PX Series dikenal karena desain klasiknya yang elegan, performa yang andal, dan kemampuan berkendara yang nyaman.

Itulah 7 fakta menarik Vespa klasik yang saat ini popularitasnya kembali meningkat.

Topik Menarik