Dongkrak Penjualan, Hyundai Bakal Luncurkan Mobil Hybrid

Dongkrak Penjualan, Hyundai Bakal Luncurkan Mobil Hybrid

Otomotif | inews | Minggu, 11 Agustus 2024 - 09:28
share

JAKARTA, iNews.id - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) bakal meluncurkan model mobil terbaru pada tahun ini. Salah satu yang akan dipasarkan adalah mobil hybrid.

Besarnya ceruk pasar membuat mereka memutuskan terjun di segmen tersebut. Hal ini diungkapkan langsung Chief Operting Officer (COO) PT HMID Fransiscus Soerjopranoto dalam acara media gathering di Jakarta Selatan, Jumat (9/8/2024).

Dia menjelaskan ini merupakan langkah strategis yang tepat untuk meningkatkan angka penjualan mobil di Indonesia. "Kalau bicara mengenai hybrid, Hyundai (Indonesia) sebentar lagi akan meluncurkan salah satu produk kita yang hybrid juga," kata Frans kepada wartawan.

Sebagai informasi, pemerintah tidak akan memberikan insentif pada mobil hybrid karena dianggap penjualannya sudah cukup baik dengan skema yang ada saat ini. Tapi, Frans optimistis pasar mobil hybrid di Indonesia akan terus tumbuh dengan banyaknya model yang ditawarkan.

"Kalau hybrid nggak mendapatkan insentif, tapi kita lihat di situ ada peluang, marketnya kan disampaikan 1:3. Saya pernah ngomong juga bahwa, kalau ada gula ada semut. Kalau hybrid marketnya sekitar tiga kali lipat, kenapa Hyundai nggak masuk di market itu," katanya.

Frans menjelaskan sejak mobil hybrid lahir di Indonesia, tidak ada insentif yang diberikan oleh pemerintah. Tapi, saat elektrifikasi mulai digencarkan oleh pemerintah, mobil hybrid mulai mendapatkan banyak peminat.

"Memang kalau mobil hybrid, dari dulu nggak ada insentifnya. Kalau Hyundai sudah tahu sekarang ada hybrid, ada plug in hybrid, BEV, ada fuel cell EV. Sekarang itu kan pilihan saja, pilihannya kita mau pakai yang mana," ucapnya.

Sebagai informasi, Hyundai menjadi brand pertama yang memasarkan mobil listrik dengan rakitan lokal. Bahkan, saat ini mereka memasang baterai yang diracik di Indonesia pada All New Kona Electrik sebagai lini model terbaru mobil listrik mereka.

"Waktu pertama kali 2020 Hyundai memutuskan untuk ikut aturan pemerintah dengan memperkenalkan Ioniq sama Kona. Kemudian diperbarui Ioniq jadi Ioniq 5, Kona baru kita perbarui, ditambah lagi dengan baterai komponen lokal, kita semua ikut aturan pemerintah," ujar Frans.

Topik Menarik