Viral Truk Mundur Nyaris Lindas Pemotor, Ini Jarak Aman saat Berada di Tanjakan

Viral Truk Mundur Nyaris Lindas Pemotor, Ini Jarak Aman saat Berada di Tanjakan

Otomotif | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 14:29
share

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial sebuah truk yang membawa muatan penuh mundur akibat tidak kuat menanjak. Truk tersebut terlihat hampir melindas pesepeda motor berbonjengan yang berada di belakangnya.

Video tersebut diunggah akun Instagram @dashcamindonesia. Video yang diambil seseorang dari dalam mobil itu memperlihatkan kengerian saat truk berhenti di ujung tanjakan dan mundur karena tak memiliki tenaga lagi.

"Nyaris !! istrinya jangan di tinggal pak kejadian pada hari Minggu 30 Juni 2024," bunyi keterangan dalam unggahan video tersebut.

Peristiwa tersebut disebutkan terjadi di tanjakan poros Malaga Kabere, Kecamatan Cendana, akses penghubung Enrekang-Pinrang, Sulawesi Selatan. Beruntung pengemudi truk berhasil mengendalikan kendaraannya untuk berhenti di tempat yang aman.

Sementara pengendara motor yang berada di belakang truk langsung memutar balik kendaraannya agar tidak terlindas truk yang tak kuat menanjak. Namun, penumpang sepeda motor yang turun dari boncengan tertinggal dan berlari menghindari truk.

Dari peristiwa tersebut ada pelajaran penting diambil, terutama saat berkendara di belakang truk. Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengingatkan agar para pengendara selalu menjaga jarak aman saat berada di belakang kendaraan besar.

“Momentum menjadi kuncinya. Mobil jenis apa pun bisa dengan mudah melalui tanjakan jika momentumnya tepat. Artinya, misal pengemudi memacu kendaraannya 20 meter sebelum tanjakan, sudah pasti bisa melewatinya dengan mulus,” kata Sony kepada jurnalis iNews Media Group.

Namun, ketika kondisi jalan padat saat melewati tanjakan, Sony mengimbau agar tidak terlalu dekat dengan kendaraan di depan. Kondisi ini bisa berbahaya karena berisiko kecelakaan akibat mobil mundur karena tak kuat menanjak.

“Kalau bisa kasih jarak 20-30 meter, hindari jalan beriringan. Mobil yang tenaganya besar juga belum tentu bisa menaklukkan tikungan, meski sudah menggunakan ban M/T atau H/T sekali pun. Intinya pengemudi harus memahami karakter mobil dan bisa memanfaatkan momentum,” ujarnya.

Untuk melewati jalan menanjak, mengatur bukaan gas juga diperlukan untuk mendapatkan tenaga yang dibutuhkan. Pengemudi disarankan menghindari terlalu sering membuka dan menutup gas untuk mencegah tenaga mesin menurun.

Topik Menarik