Hindari Cuci Pakai Steam, 5 Tips Merawat Motor Listrik

Hindari Cuci Pakai Steam, 5 Tips Merawat Motor Listrik

Otomotif | serpong.inews.id | Jum'at, 28 Juni 2024 - 05:10
share

YOGYAKARTA, iNewsSerpong.id - Harus dipahami bahawa perawatan motor listrik berbeda dengan motor bermesin konvensional. Motor yang dikenal ramah lingkungan ini menggunakan baterai sebagai sumber tenaga.

Tentu saja perawatan kedua jenis motor ini sangat berbeda. Banyak masyarakat yang tertarik menggunakan motor listrik karena dinilai lebih hemat dalam operasional.

Namun, banyak yang belum paham bagaimana merawat motor listrik dengan benar.

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, Danang Priyo Kumono, membagikan tips merawat sepeda motor listrik, khususnya EM e:, agar tetap prima dan baterai tahan lama. Berikut ulasannya:

1. Hindari Mencuci Menggunakan Steam

Danang menjelaskan, motor listrik atau Electric Vehicle (EV) tidak boleh terkena air pada sistem atau kompartemen baterainya. Menjaga sistem ini penting agar kendaraan bisa berjalan normal.

"Apalagi dicuci pakai steam, itu tidak boleh. Dicucinya biasa saja, tidak boleh ada tekanan. Area litium baterainya tidak boleh basah," ujar Danang di Yogyakarta.

2. Jangan Biarkan Baterai Kosong di Bawah 30 Persen

Menurut Danang, untuk pengecasan baterai sebaiknya jangan menunggu daya baterai berada di bawah 30 persen. Hal ini penting demi menjaga kesehatan baterai.

"30 persen itu harus dicas, kalau turun minimal di 20 persen harus dicas lagi. Namun, yang namanya baterai di mana pun lama-lama kalau sering dicas, dia akan menurun," ucapnya.

 

3. Cek Kondisi Baterai saat Ditinggalkan Lama

Danang juga mengingatkan, jika ingin pergi dalam waktu lama, seperti mudik Lebaran, sebaiknya baterai jangan dibiarkan dalam kondisi penuh dan jangan juga di bawah 30 persen. Kondisi daya baterai saat ditinggal pergi lama idealnya di posisi 30-80 persen.

"Kalau pakai EM1 ini, diusahakan, kalau ditinggal lama kondisi baterai jangan diisi penuh, tapi juga tidak boleh turun dari 30 persen, minimal itu 80 persen," katanya.

4. Jangan Cabut Baterai Sembarangan

Dia juga memberikan catatan penting, mencabut baterai kendaraan jangan dilakukan saat meninggalkan EM1 dalam waktu lama. Pencabutan baterai dinilai akan memengaruhi sistem kendaraan.

"Kalau dicabut tidak boleh saat kendaraan ditinggal lama karena akan mengganggu sistem. Istilahnya seperti mereset kembali. Begitu baterai diangkat, akan lost semua," ucapnya.

5. Hindari Parkir di Tempat Panas

Tips berikutnya dalam perawatan kendaraan listrik adalah jangan diparkir atau ditinggalkan lama di lokasi yang panas. Kondisi temperatur panas yang terlalu tinggi atau cuaca ekstrem akan berpengaruh pada kondisi baterai.

"Itu tidak boleh karena ketika ada perubahan suhu, baterai manajemen unit akan menangkap dan mengganggu kerja litium baterai. Daya yang mengirim ke accu akan terganggu karena suhu meningkat, dan itu akan dibatasi. Namun, EM1 sudah pintar, begitu ada suhu naik, EM1 akan membatasi dayanya," ujar Danang. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

Topik Menarik