Honda BeAT 2024 Tak Pakai Kick Starter, Ini Alasannya

Honda BeAT 2024 Tak Pakai Kick Starter, Ini Alasannya

Otomotif | sindonews | Rabu, 5 Juni 2024 - 15:54
share

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan sepeda motor baru All New Honda BeAT dengan empat varian. Menariknya, tiga varian sudah tidak dilengkapi dengan kick starter, hanya tipe CBS yang masih dilengkapi kick starter.

Hilangnya kick starter pada Honda BeAT 2024 tentu ada alasannya. Dijelaskan oleh Large Project Leader All New Honda BeAT Takuro Nakamura, Honda telah melakukan survei terhadap pentingnya kick starter bagi konsumen saat ini.

Hasilnya, sebagian besar koresponden mengatakan kick starter sudah tidak dibutuhkan lagi dalam menghidupkan mesin motor. Oleh sebab itu, Honda mulai menghilangkan komponen tersebut BeAT terbaru.

"Kami melihat kebutuhan konsumen, ternyata ada yang pakai dan tidak. Kebanyakan sekarang enggak, lebih banyak yang merasa tidak perlu ada kick starter," kata Nakamura di Cikarng, Jawa Barat, Senin (3/6/2024).

"Tapi bisa jadi untuk BeAT karena jadi skutik entry level, sampai akhir pun tetap akan ada pilihan dengan kick starter," lanjutnya.

Nakamura mengatakan konsumen yang didominasi generasi Milenial dan Gen-Z sangat jarang menggunakan kick starter dalam menghidupkan mesin motor. Ditambah teknologi yang semakin berkembang sehingga efisiensi penggunaan listrik saat menghidupkan motor tak membuat aki cepat tekor.

Thomas Wijaya, Executive Pesident Director PT AHM menyampaikan konsumen tidak perlu khawatir dengan hilangnya kick starter pada Honda BeAT baru. Pasalnya, pada panel meter disematkan indikator baterai yang menunjukkan apakah aki masih bagus atau perlu diganti.

"Iya, betul. Kan sudah ada battery indicator, jadi konsumen nggak perlu khawatir lah. Toh secara durabilitas juga baik. Konsumen tidak perlu khawatir dan nyaman dengan indikator itu," ujar Thomas.

Hilangnya kick starter juga membuat motor lebih ringan 1 kilogram dibandingkan model sebelumnya. Hal ini memberikan dampak besar pada efisiensi bahan bakar. Sehingga, All New Honda BeAT dapat menempuh jarak 60 kilometer dengan 1 liter BBM.

All New Honda BeAT ditawarkan dengan empat varian, yakni tipe CBS dibanderol Rp18.430.000, Deluxe Standard dipasarkan Rp19.300.000, sedangkan Deluxe Smart Key yang merupakan varian tertinggi dijual Rp19.830.000. Sementara All New Honda BeAT Street dipasarkan dengan harga Rp19.300.000. Seluruh harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jakarta.

Topik Menarik