Mengapa Pengemudi Perjalanan Jarak Jauh Harus Istirahat 4 Jam Sekali? Ternyata Ini Alasannya

Mengapa Pengemudi Perjalanan Jarak Jauh Harus Istirahat 4 Jam Sekali? Ternyata Ini Alasannya

Otomotif | serpong.inews.id | Kamis, 30 Mei 2024 - 05:40
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mengemudi kendaraan untuk perjalanan jarak jauh penting perhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah waktu istirahat yang cukup bagi pengemudi agar perjalanan sesuai rencana dan aman sampai tujuan.

Namun, berapa lama seharusnya durasi berkendara yang ideal dan sehat dalam perjalanan jarak jauh?

Durasi mengemudi diatur dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal 90 ayat (3) menyatakan bahwa pengemudi kendaraan umum wajib istirahat selama setengah jam setelah berkendara selama 4 jam berturut-turut.

Perhatikan Waktu Istirahat

Selain itu, waktu kerja maksimal pengemudi adalah delapan jam sehari, meskipun dapat diperpanjang menjadi 12 jam dalam kondisi tertentu, dengan waktu istirahat selama satu jam.

Untuk pengemudi yang tidak berhenti selama perjalanan, disarankan untuk tidak mengemudi lebih dari 3-4 jam secara berturut-turut. Setelah itu, sebaiknya beristirahat sejenak.

Kondisi fisik pengemudi sangat berpengaruh terhadap keselamatan penumpang, karena kelelahan dapat mengurangi konsentrasi dan menyebabkan kecelakaan.

Jika merasa mengantuk atau lelah, segera cari tempat peristirahatan dan posko siaga. Selain itu, penting untuk beristirahat setiap 4 jam sekali saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi.

Manusia memiliki batas kemampuan saat mengemudi, dan melebihi batas tersebut dapat menyebabkan kelelahan dan berkurangnya konsentrasi, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Beristirahatlah dengan efisien di tempat peristirahatan, terutama di rest area jalan tol. Pertimbangkan untuk mengemudi bergantian dengan rekan perjalanan, sehingga dapat saling menggantikan saat salah satu merasa lelah atau mengantuk. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Perjalanan Jarak Jauh Pengemudi Harus Istirahat 4 Jam Sekali, Ini Alasannya ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/perjalanan-jarak-jauh-pengemudi-harus-istirahat-4-jam-sekali-ini-alasannya .

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Topik Menarik