Infografis Keuntungan Gunakan Mobil Listrik

Infografis Keuntungan Gunakan Mobil Listrik

Otomotif | BuddyKu | Senin, 6 Februari 2023 - 20:01
share

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa keuntungan menggunakan mobil listrik yang patut diketahui. Salah satunya adalah mengurangi emisi karbon.

Menurut Direktur Utama (Dirut) PT PLN, Darmawan Prasodjo, salah satu manfaat paling besar dari penggunaan mobil liatrik adalah mengurangi emisi di sisi hilir dari kendaraan bermotor.

Sebagai gambaran, 1 liter bahan bakar minyak (BBM) setara dengan 1,2 kWh listrik. Emisi karbon 1 liter BBM setara dengan 2,4 kilogram (kg) CO2e, sedangkan 1,2 kWh listrik emisinya setara 1,02 kg CO2e, kata dia dalam keterangannya, dikutip Senin (6/2/2023).

Dia menjelaskan, pada kondisi saat ini menggunakan kendaraan listrik sudah mengurangi emisi 56 persen. Seiring hadirnya pembangkit PLN yang akan menuju ke EBT, maka kendaraan listrik emisinya akan nol di masa mendatang.

Selain dari sisi emisi, penggunaan mobil listrik juga bisa menghemat biaya operasional, khususnya anggaran yang biasa dikeluarkan untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM).

Sebagai gambaran, mobil dengan BBM dengan jarak tempuh 10 kilometer (km) menghabiskan 1 liter BBM, sedangkan mobil listrik dengan jarak sama hanya menghabiskan 1,2 kilowatt hour (kWh).

Dengan asumsi tarif listrik Rp1.699,53 per kWh, biaya yang dikeluarkan hanya Rp2.500 untuk mobil listrik. Sedangkan untuk mobil BBM dalam menempuh jarak 10 km, biayanya sekitar Rp14.000. Ini menunjukkan mobil listrik lebih hemat sekitar 75 persen dari mobil BBM.

Jadi kalau pindah ke mobil listrik, uang yang tadinya digunakan untuk membeli bensin bisa lebih hemat. Ditambah lagi untuk pengisian daya dengan home charging, PLN akan memberikan diskon tarif sebesar 30 persen pada pukul 22.00 hingga 05.00, ujarnya.

PLN juga sudah menyiapkan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tersebar di seluruh Indonesia bagi masyarakat yang berpergian menggunakan mobil listrik. PLN hingga kini telah menyediakan 588 SPKLU di 257 lokasi di seluruh Indonesia.

Jadi pengguna mobil listrik tidak perlu khawatir akan kehabisan daya baterai ketika melakukan perjalanan jauh antar kota, masyarakat juga bisa melihat lokasi SPKLU melalui menu Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang tersedia pada aplikasi PLN Mobile, tutur Darmawan.

Selain memudahkan masyarakat untuk menemukan lokasi SPKLU, platform EVDS juga memudahkan calon pengguna kendaraan listrik mendapatkan informasi seputar produk mobil atau motor listrik.

Di samping itu, pengguna baru kendaraan listrik juga akan dimanjakan dengan promo pasang baru Super Everyday. Melalui promo ini, pelanggan yang memiliki mobil listrik akan diberikan layanan gratis pemasangan home charging.

Pelanggan juga mendapat harga spesial penyambungan baru sebesar Rp850.000 daya 7.700 VA (1 fasa), dan untuk penyambungan daya 13.200 VA (3 fasa) Rp3,5 juta. Promo ini berlaku hingga 31 Desember 2023.

Topik Menarik