Sejarah Penemuan Mobil Pertama di Dunia, Berawal Mesin Uap Pengangkut Meriam

Sejarah Penemuan Mobil Pertama di Dunia, Berawal Mesin Uap Pengangkut Meriam

Otomotif | inewsid | Selasa, 15 Februari 2022 - 16:24
share

JAKARTA, iNews.id - Penasaran dengan sejarah penemuan mobil pertama di dunia. Jika dilihat dari sejarah banyak versi mobil pertama dibuat di dunia.

Ini karena ilmuan di berbagai negara mengembangkan teknologi kendaraan masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana sejarah penemuan mobil pertama di dunia? Dirangkum dari berbagai sumber berikut ulasannya:

Nicolas J Cugnot

Sejarah mobil pertama di dunia dimulai pada 1769, lewat kreativitas seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis, bernama Nicolas J Cugnot. Saat itu, Cugnot berhasil menciptakan sebuah kendaraan beroda tiga. Tak seperti mobil yang ada sekarang, wujud mobil pertama cenderung besar, dan penggeraknya menggunakan tenaga uap.

Ide perakitan kendaraan tersebut didasari untuk keperluan mengangkut meriam semasa perang. Hasil ciptaannya ini belum dapat dikatakan sempurna, karena masih sangat sederhana. Jangan berharap ada fitur-fitur canggih, perakitan benda ini saja belum sempurna, sehingga masih sering terjadi kecelakaan dan memerlukan perawatan di sana-sini.

Penemuan ini menginspirasi William Murdock dan James Watt. Mereka kemudian menciptakan mobil bermesin uap pada 1784.

Pada 1801, Richard Trevithick mengembangkan kendaraan tersebut menjadi gerobak uap dengan beberapa fitur tambahan seperti rem, setir, transmisi multi kecepatan, dan peningkatan kecepatan. Memasuki pertengahan abad ke-19, perkembangan mobil di dunia maju pesat.

Para ilmuwan mulai merancang konsep kendaraan dengan mesin berbahan bakar lain seperti yang dilakukan Joseph E Lenoir.

George B Selden

Selain itu, ada nama George B Selden yang berhasil menciptakan mobil dengan mesin dua stroke pada 1895. Kala itu ada beberapa jenis mobil yang bersaing, yaitu tenaga uap, bensin dan listrik. Namun mobil dengan bahan bakar bensin lebih terkenal dan banyak digunakan masyarakat.

Karl Benz

Sejarah penemuan mobil pertama di dunia tak lepas dari sosok Karl Friedrich Benz atau yang lebih dikenal dengan nama Karl Benz. Dia adalah sosok genius di balik mobil bertenaga mesin.

Karl Benz lahir di Jerman pada 25 November 1844 dan wafat pada 4 April 1929 (84 tahun). Sejak berusia 9 tahun Benz sudah terindikasi tertarik pada ilmu sains.

Sejarah penemuan mobil pertama di dunia ini bermula pada 1878, saat itu dia berhasil menciptakan Benz Patent Motorwagen. Kendaraan ini tidak bergigi sehingga pada saat uji coba susah dikontrol dan kerap menabrak dinding.

Tidak mau menyerah, Karl Benz beserta kedua temannya menciptakan Motorwagen, yaitu kendaraan bermotor roda tiga yang digerakkan dengan bahan bakar bensin. Meski bentuknya seperti becak, Motorwagen menjadi sejarah mobil pertama di dunia yang digerakkan bensin.

Kemudian Karl Benz serta kedua temannya mendirikan perusahaan Daimler Group, yaitu perusahaan mobil terkenal yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Melalui perusahaan otomotif tersebut, Karl Benz mematenkan sistem throttle sendiri, gear shifter, busi, radiator air, karburator serta bahan dasar lainnya.

Mobil pertama Benz ini hanya memiliki tiga roda dan mengusung mesin satu silinder 954 cc yang mampu mengasilkan tenga 0,75 bhp. Pada 1893, Benz pertama kali membuat mobil dengan empat roda yang diberi nama Viktoria. Viktoria ditenagai mesin 1.745 cc bertenaga 3 bhp.

Ferdinand Porsche

Penemu mobil dengan mesin hybrid pertama, yaitu Ferdinand Porsche. Pada Januari 1907, Ferdinand menciptakan Lohner Porsche Mixte Hybrid. Setelah itu pada 1902 mobil diproduksi dalam skala yang lebih besar dan harga terjangkau oleh Oldsmobile.

Pada 1910, Henry Ford berperan besar mengembangkan mobil-mobil dari Eropa.

Apabila dilihat dari perjalanan sejarah sebenarnya penemu mobil pertama kali adalah Nicolas J Cugnot yang mencetuskan ide kendaraan pengangkut meriam.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan yang semakin maju, mobil bertenaga bensin saat ini justru sudah dianggap konvensional.

Masyarakat saat ini diperkenalkan dengan mobil listrik (electric vehicle/EV). Kendaraan elektrik ini terdiri atas tiga jenis, yakni Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV); Battery Electric Vehicle (BEV); serta Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Mobil ini di berbagai negara di anggap sebagai kendaraan masa depan. Kendaraan listrik berpotensi besar mengurangi polusi udara dan perubahan iklim.

Topik Menarik