Pergantian Pelatih Jadi Bumerang buat Anthony Joshua

Pergantian Pelatih Jadi Bumerang buat Anthony Joshua

Olahraga | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 17:07
share

Anthony Joshua punya tradisi yang agak membingungkan untuk penggemar tinju. Ini berkaitan dengan pergantian pelatih setiap AJ menelan kekalahan.

Ketika seorang petinju terus-menerus mengganti pelatih seperti yang dilakukan Joshua, itu memberi terlalu banyak pengetahuan, dan ia tidak dapat memprosesnya dengan cara yang sama. Ini berbeda jika hanya bersama satu pelatih sejak hari pertama.

Ketika hanya memiliki satu pelatih sepanjang karier petinju, dia tahu apa yang harus dilakukan. Inilah yang dirasakan Joshua saat menghadapi Daniel Dubois di Stadion Wembley, Minggu (22/9/2024) WIB.

Baca Juga: 3 Penyebab Kekalahan Memalukan Anthony Joshua dari Daniel Dubois

Saat Dubois tampil trengginas di atas ring, Joshua seperti tidak punya waktu untuk memilah-milah perangkat mentalnya karena Dubois terus menyerangnya. Secara fisik, Joshua tampak identik dengan penampilannya saat melawan Wladimir Klitschko pada 2017.

Perbedaannya adalah ketika Dubois menjatuhkan Joshua, ia terus menyerangnya. Klitschko tidak melakukan itu. Ketika ia menjatuhkan Joshua, ia memilih untuk bertinju dan membiarkannya lolos.

Itu adalah tindakan yang justru memunculkan celah bagi Joshua untuk mengalahkan Klitschko. Seharusnya Klitschko memenangkan pertarungan itu karena Joshua terluka parah dari ronde keenam hingga kesepuluh.

Baca Juga: Kebangkitan Daniel Dubois: Cedera Soket Mata, Pesan Usyk, KO Joshua

Anda memasukkan Dubois versi Sabtu lalu (waktu setempat) ke dalam mesin waktu yang berfungsi dan memindahkannya ke 2017, ia akan mengalahkan Joshua yang melawan Klitschko. "AJ telah menjadi sedikit lebih baik secara keterampilan. Ia berkembang melalui semua pelatih itu. Masalahnya, ketika Anda memaksakan kecepatan padanya, itu seperti sistem yang kelebihan beban," kata Tim Bradley dikutip dari BoxingNews24, Selasa (24/9/2024).

Maksudnya, kata Bradley, Joshua menjadi bingung dan tidak dapat berpikir ketika ia dipaksa untuk bertarung dengan kecepatan tinggi seperti yang terjadi pada akhir pekan kemarin di Stadion Wembley. "Ia tidak tahu apa yang harus dilakukan. Dia harus bereaksi cepat, dan itu mengharuskannya untuk membuat keputusan cepat. Saya sudah tahu ini sejak awal. Dubois melakukannya dengan sangat baik saat dia maju. Dia sangat eksplosif. Dia memiliki pantulan pendulum. Dia akan bangkit kembali dan kemudian maju dengan sangat cepat dan menutup jarak dengan Anda," tegas Bradley.

Sikap Joshua tentang perlunya mengganti pelatih setiap kali dia kalah menjadi bumerang baginya, membuatnya tidak mampu menghadapi situasi bertekanan tinggi. Sebaliknya, ini tidak akan terjadi jika Joshua tetap bersama pelatih yang pertama kali menjadi petinju profesional.

Baca Juga: Anthony Joshua Di-KO Daniel Dubois, Tyson Fury Berteriak: Rp2,2 Triliun Hilang

"Saya pikir pertarungan itu dimenangkan sejak awal. Begitu saya melihat AJ keluar, dagunya terangkat ke atas dan tangannya ke bawah. Saya melihat istri saya dan berkata, 'Ini sudah berakhir. Dia bersiap untuk dihantam dagunya.' Begitu tangan kanan itu mendarat, dia tidak pernah pulih dari tangan kanan pertama sama sekali," kata Bradley.

Joshua tampak seperti mengikuti rencana permainan pelatihnya, Ben Davison, untuk menggunakan gerakan, yang tidak efektif karena memungkinkan Dubois untuk mengejarnya dan melepaskan serangan dengan kekuatan penuh. "Dia masih tampak seperti AJ yang sama, tetapi dagunya terangkat ke atas. Tangannya diturunkan. Saya tidak tahu apakah itu ada hubungannya dengan cara dia dilatih. Namun, itulah AJ, teman-teman. Benar. Dia kalah dalam pukulan, dia kalah dalam posisi, dan Dubois datang untuk menang, dan dia muncul," imbuh Bradley.

Topik Menarik