PSSI Investigasi Insiden Suporter Timnas Indonesia Tanpa Tiket Jebol Pagar SUGBK

PSSI Investigasi Insiden Suporter Timnas Indonesia Tanpa Tiket Jebol Pagar SUGBK

Olahraga | inews | Rabu, 11 September 2024 - 16:30
share

JAKARTA, iNews.id- Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga melakukan investigasi insiden suporter Timnas Indonesia bobol pagar Stadion Utama Gelora Bung Karno. PSSI sedang mencari pelaku utama insiden tersebut.

Timnas Indonesia menahan imbang Australia 0-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Selasa (10/9/2024) malam WIB. Laga tersebut merupakan bagian dari Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pertandingan itu dihadiri sebanyak 70,059 penonton yang menyaksikan secara langsung di SUGBK. Namun demikian, ada beberapa oknum suporter yang tidak mempunyai tiket berhasil memaksa masuk ke stadion.

Pantauan iNews.id di lokasi, kejadian terjadi saat jeda turun minum. Mulanya, puluhan suporter berada di area luar SUGBK. Oknum suporter ini pada akhirnya berhasil masuk ke area ring road SUGBK.

Oknum tanpa tiket ini memanfaatkan momentum petugas yang hendak masuk lewat gerbang B. Ketika gerbang dibuka, fans tanpa tiket langsung berlari masuk ke area ring road.

Mereka pun langsung mengarah ke pintu masuk tribun melalui zona 3 pintu 8-11. Petugas yang berjaga di area tersebut tak bisa membendung gelombang oknum suporter yang masuk. Beberapa dari mereka bahkan merusak pagar pembatas antrean.

Terkait kejadian ini, Arya mengatakan PSSI sedang mendalami soal keterlibatan pihak internal. Arya menegaskan, PSSI siap mengevaluasi total manajemen keamanan agar tidak terjadi hal serupa di laga kandang selanjutnya.

Kami sejak tadi malam sudah mengindetifikasi hal ini, dan kami sedang melakukan investigasi apakah ada orang dalam atau siapapun yg melakukan hal ini, kata Arya dalam keterangan, Rabu (11/9/2024).

Tapi yang sudah pasti, akan dilakukan perombakan total terhadap manajemen keamanan untuk masuk kedalam stadion. Perubahan total manajemen keamanan masuk ke stadion akan melibatkan pihak-pihak yang sdh profesional dalam melakukan crowd management, sambungnya.

Hal ini akan dilakukan pada saat kita kembali jadi tuan rumah pada bulan November, tambah Arya.

imnas Indonesia akan melakoni dua laga tandang terlebih dulu melawan Bahrain (10/10/2024), dan China (15/10/2024). Kemudian, Skuad Garuda baru akan berstatus sebagai tuan rumah pada pertandingan melawan Jepang (15/11/2024), dan Arab Saudi (19/11/2024).

Topik Menarik