Kemenpora Gandeng Gerbangtara Ajak Pemuda Kaltim Bergerak Bangun IKN Lewat Olahraga

Kemenpora Gandeng Gerbangtara Ajak Pemuda Kaltim Bergerak Bangun IKN Lewat Olahraga

Olahraga | inews | Senin, 9 September 2024 - 00:12
share

JAKARTA, iNews.id- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Konsorsium Gerbangtara mengajak para pemuda-pemuda Kalimantan Timur untuk berperan dalam membangun Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satunya lewat bidang olahraga.

Hal ini disampaikan dalam forum Klub Berkawan (Bersama Kaum Cendekiawan) Chapter Kalimantan Timur. Kegiatan Klub Berkawan Chapter Kalimantan Timur mengangkat tema 'Forum Pemimpin Muda Cendekia: Gerak Bersama untuk Nusantara Baru, Indonesia Maju.

Klub Berkawan Chapter Kalimantan Timur mengumpulkan 100 pemimpin muda dari berbagai segmentasi, mulai dari organisasi kepemudaan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), komunitas anak muda, serta komunitas atau organisasi adat. Acara diskusi dan pembentukan Klub Berkawan Chapter Kalimantan Timur digelar di Samarinda, Kalimantan Timur pada Sabtu (7/9/2024).

Pembangunan IKN memang jadi fokus pemerintah saat ini. Kemenpora pun berharap ada peran pemuda-pemuda di Kaltim untuk membangun IKN lewat olahraga.

Terlebih atlet IKN juga sudah ikut berpartisipasi di PON 2024. Ada 12 atlet mewakili IKN untuk lima cabor. Kelima cabor tersebut adalah panahan, layar, senam, renang, dan renang perairan terbuka.

Tentu hal itu bisa jadi pemicu semangat pemuda-pemuda Kaltim untuk semakin berperan dalam pembangunan di IKN. Asisten Deputi Kepemimpinan Kemenpora, Andi Susanto, menyampaikan Kemenpora ingin menyerap aspirasi pemimpin-pemimpin muda Kalimantan Timur atas pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Forum pemimpin muda seperti ini harus terus ditumbuhkembangkan karena aspirasi anak muda sangat penting dalam mengoptimalkan kebijakan pembangunan. Selain itu, adanya forum ini juga harapannya dapat meningkatkan semangat gotong royong anak muda dalam membangun Ibu Kota Nusantara, kata Andi Susanto dalam keterangannya, Minggu (8/9/2024).

Acara ini juga dihadiri oleh Perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur. Selain itu ada tiga narasumber utama, yaitu Direktur Pelayanan Dasar OIKN, Suwito, Aktivis Perempuan Dayak, Christhy Mei Sengoq; dan Koordinator Konsorsium Gerbangtara, Aie Natasha.

Koordinator Konsorsium Gerbangtara, Aie Natasha menyampaikan anak muda harus berperan dalam pembangunan IKN. Dia mengajak anak muda untuk bergerak bersama untuk membanun IKN.

Pembangunan IKN bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga menjadi tanggung jawab masyarakat khususnya anak muda. Apa yang terjadi di IKN di masa depan tergantung dari gerak langkah anak muda di masa kini. Gerbangtara siap menjadi wadah teman-teman untuk menyampaikan aspirasi dan bergerak bersama untuk nusantara, ujarnya.

Dalam acara itu juga diisi dengan forum diskusi kelompok untuk memberikan aspirasi, kritik, harapan, dan rekomendasi untuk pembangunan IKN. Sesi ini difasilitasi oleh tim Staf Khusus Inovasi Pemuda dan Olahraga I Putu Arya Aditia Utama.

Hasil diskusi dari peserta dilanjutkan untuk dipresentasikan dan aspirasi-aspirasi ini menjadi bekal untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah baik di pusat dan daerah.

Topik Menarik