Pembukaan Paralimpiade Paris 2024 Catat Sejarah Baru

Pembukaan Paralimpiade Paris 2024 Catat Sejarah Baru

Olahraga | sindonews | Selasa, 27 Agustus 2024 - 13:57
share

Paralimpiade Paris 2024 siap bergulir pada 28 Agustus 2024 hingga 9 September 2024. Upacara pembukaan berlangsung di Place de la Concorde, alun-alun di pusat kota Paris tempat cabang olahraga skateboard di Olimpiade Paris 2024.

Sama halnya dengan upacara Olimpiade di Sungai Seine, upacara Paralimpiade Paris 2024 diadakan di luar stadion utama. Ini merupakan pertama kalinya terjadi dalam sejarah Paralimpiade.

Api Paralimpiade dinyalakan di rumah sakit Stoke Mandeville di Inggris, tempat lahirnya Olimpiade, dan dibawa ke Prancis melalui Terowongan Channel. Sutradara teater Thomas Jolly, yang juga mengawasi upacara pembukaan Olimpiade, mengatakan ada simbolisme yang mendalam dalam menempatkan upacara Paralimpiade di pusat ibu kota Prancis, yang sama sekali tidak disesuaikan dengan kebutuhan pengguna kursi roda.

Baca Juga: Horee! Atlet Peraih Medali Olimpiade Paris 2024 Dapat Tambahan Bonus Rumah

"Menempatkan atlet Paralimpiade di jantung kota sudah menjadi penanda politik dalam arti bahwa kota tersebut tidak cukup disesuaikan dengan setiap orang cacat," kata Jolly dikutip dari France24, Selasa (27/8/2024).

Penyelenggara sudah menyediakan bus-bus yang ramah bagi pengguna kursi roda dan mereka juga telah menyiapkan 1.000 taksi yang disesuaikan secara khusus. Ditambahkan, penjualan tiket juga meningkat pesat sejak Olimpiade Paris 2024. Penyelenggara mengklaim lebih dari 1,9 juta tiket telah terjual.

Baca Juga: Pak Yanto, Suporter Legendaris Bulu Tangkis Meninggal Dunia, Fajar Alfian: Terima Kasih Dukungannya

Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah Paralimpiade selalu memiliki pesan yang jauh lebih luas daripada sekadar olahraga. Andrew Parsons selaku Presiden Komite Paralimpiade Internasional berharap edisi Paris akan mengembalikan masalah yang dihadapi para penyandang disabilitas ke puncak daftar prioritas global.

Topik Menarik