Bangga! Veddriq Leonardo Bikin Bendera Indonesia Berkibar di Atas China dan AS

Bangga! Veddriq Leonardo Bikin Bendera Indonesia Berkibar di Atas China dan AS

Olahraga | inews | Kamis, 8 Agustus 2024 - 22:00
share

PARIS, iNews.id - Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo bikin bangga Tanah Air di Olimpiade Paris 2024. Dia yang membuat Bendera Merah Putih berkibar di atas China dan Amerika Serikat.

Prestasi itu terukir usai Veddriq meraih emas Olimpiade Paris 2024. Dia mencatatkan diri sebagai atlet panjat tebing pertama Indonesia yang meraih medali emas di Olimpiade.

Sebab, selama ini medali emas Olimpiade selalu datang dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis.

Tak hanya itu, momen membanggakan pun terjadi ketika Veddriq berhasil mengibarkan bendera Merah Putih sambil mengumandangkan Indonesia Raya di Paris, Prancis. Bendera Merah putih pun berkibar dengan gagahnya di puncak tertinggi.

Menariknya, bendera Merah Putih pun berkibar di atas dua negara yang selama ini selalu mendominasi ajang Olimpiade yakni China dan Amerika Serikat. Ya, dua negara itu dikenal sebagai negara yang digadaya di Olimpiade dalam beberapa tahun terakhir.

Meski secara klasemen perolehan medali Indonesia masih kalah jauh dari China dan Amerika Serikat, tetapi momen ini sedikit membanggakan. Setidaknya, Indonesia pernah punya momen Merah Putih berkibar di atas bendera China dan Amerika Serikat di Olimpiade Paris 2024.

Veddriq berhasil meraih medali emas usai mengalahkan wakil China, Wu Peng di partai puncak, Kamis (8/8/2024). Dia menjadi yang tercepat setelah mencatatkan waktu 4,75 detik atau selisih 0,02 detik dari Wu yang harus puas meraih medali perak.

Sementara medali perunggu sendiri diraih wakil Amerika Serikat Sam Watson. Meski meraih perunggu, Watson berhasil mencatatkan waktu rekor dunianya di laga perebutan medali perunggu dengan raihan 4,74 detik.

Selain laga final, Veddriq juga tampil konsisten selama babak perempat final dan semifinal yang berlangsung hari ini. Pada perempat final ia mengandaskan wakil tuan rumah Prancis, Bassa Mawem dan di semifinal menaklukkan atlet Iran, Reza Alipour Shenazandifard.

Topik Menarik